METROPOLIS

Demi Transparansi, Kutai Kartanegara Kini Punya Situs Khusus Penanganan Covid-19

Bupati Edi Damansyah bersama Sekda Sunggono, saat launching website gugus tugas Covid-19. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar sudah memiliki situs resmi terkait penanganan virus corona baru (Covid-19). Situs ini dapat diakses kapan saja oleh masyarakat secara luas.

Pertimbangan pengadaan situs ini adalah agar pengelolaan informasi lebih transparan. Situs tersebut dapat diakses melalui www.gugus-tugas.kukarkab.go.id.

Launching web resmi penanganan Covid-19 dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting, yang dihadiri seluruh kabupaten dan kota se-Kaltim, Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) perwakilan Kalimantan, dan Badan Pemeriksa Keuangan(BPK) Kaltim, Kamis(18/6/2020) siang.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, situs resmi ini sebagai media informasi yang menyajikan info seluruh kegiatan penanganan pandemi corona. Mulai dari kegiatan yang telah dilakukan, penggunaan anggaran, hingga penanganan pasien yang positif.

“Materi website gugus tugas akan diupdate tiap harinya. Publik bisa melihatnya kapan saja,” ucap mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar ini.

Edi bercerita, saat awal pandemi Covid-19 terjadi di Kukar sekira Maret lalu, jajaran pemkab sempat khawatir dan syok terkait bagaimana strategi penanganannya. Akhirnya dengan semangat kebersamaan rasa khawatir tersebut sirna. Bahkan tim pemkab kukar sudah mengantisipasi dan lakukan langkah penyesuaian renstra terkait penanganan covid-19 yang berani menganggarkan sebesar Rp 129 miliar.

“Untuk penanganan Covid-19, dana yang kami siapkan Rp 129 miliar tersebut dibagi menjadi tiga sektor yaitu kesehatan, ekonomi, dan sosial,” jelasnya.

Dalam upaya pencegahan agar tidak terjadi penyimpangan anggaran, Pemkab Kukar sudah bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kukar. Yaitu dalam hal pengawasan regulasi serta meminta pendampingan dengan KPK wilayah Kalimantan.

Di tempat terpisah Sekda Kukar Sunggono juga bersemangat atas adanya situs resmi penanganan covid-19 di Kukar. Apalagi konten website gugus tugas penanganan covid-19 sudah tersaji secara lengkap. Seperti penjelasan penyaluran bantuan sosial sembako dari pemkab, bantuan sosial dari pemerintah pusat tunai dan non tunai, informasi kegiatan, rilis pers, hingga realisasi anggaran.

“Keterbukaan anggaran bantuan perorangan dan perusahaan juga tersaji di web tersebut, ini demi keterbukaan informasi kepada publik. Masukan dari masyarakat atas penanganan covid-19 juga bisa disampaikan di web tersebut,” pungkasnya. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top