NASIONAL

Mendagri Imbau Pemda Percepat Penyaluran Bansos

JAKARTA, Kate.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M.Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (pemda), agar mempercepat suplai data penerima bantuan sosial (bansos) terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Penyaluran bansos di sejumlah daerah terhambat karena masih menunggu data dari daerah.

“Kami minta rekan-rekan kepala daerah untuk verifikasi data bottom up. Ini butuh koordinasi cepat,” kata Tito dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu, (17/6/2020).  

Tito menyebut cepat atau lambatnya penyaluran bansos ditentukan suplai data daerah.   Dia memahami beberapa daerah kesulitan menyampaikan data karena terbatasnya akses dan letak geografis. Pemerintah daerah yang tak terkendala akses didorong segera mengirimkan data penerima bansos. Pemerintah daerah dituntut berkreasi agar pendataan segera rampung, namun tetap transparan.  

Tito mencontohkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang sukses menerapkan prinsip tersebut. Data penerima bansos di Banyuwangi ditampilkan di setiap kecamatan dan kelurahan. “Sehingga terbuka untuk warganya dan kalau ada masalah cepat diakomodir,” ujar Tito.

Dia berharap kepala daerah lain mengikuti langkah serupa. Kemendagri siap membina kepala daerah untuk menyusun data penerima bansos sesegera mungkin.

“Peran kepada daerah sangat penting agar bisa mensinkronkan. Kemendagri bertugas menjembatani ini,” tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar polemik data bansos segera diselesaikan. Pemda bahkan diberikan keleluasaan untuk mengatur bansos.

“Kalau masih ada masalah pada data yang belum sinkron antara data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan non-DTKS segera diselesaikan. Beri fleksibilitas pada daerah,” tegasnya. (ip)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top