METROPOLIS

Lantik Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Gubernur Kaltim: Saya Percaya dengan Chairil

Pelantikan Chairil Anwar sebagai Wabup Kukar oleh Gubernur Kaltim Isran Noor. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Sesuai jadwal, akhirnya Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor melantik Chairil Anwar sebagai Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) untuk sisa periode 2016-2021, Senin(15/6/2020) siang. Dalam pelantikan di gedung Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim itu, ada beberapa amanat Isran yang disampaikan ke Wabup Chairil.

Isran menyampaikan agar Chairil menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim selaku perpanjangan tangan Pemerintah Pusat. Amanah diemban jangan dijadikan beban karena bagian dari ladang ibadah dan pengabdian ke masyarakat.

Pesan lain yang disampaikan Isran yaitu meminta kepada Chairil untuk membantu Bupati Kukar Edi Damansyah menjalankan pemerintahan. Mengatur dan memantau penyelenggaraan pemerintah di tingkat perangkat daerah. Dan juga punya hak memberikan saran pembangunan kepada bupati.

“Saya sangat percaya dengan Chairil. Karena Chairil orang lama yang mengabdi sebagai PNS Pemkab Kukar. Edi Damansyah dan Chairil, keduanya lama di birokrasi, saya yakin bisa menjalankan pemerintahan Kukar,” jelasnya.

Isran mengingatkan, Kukar merupakan kabupaten yang sangat luas wilayahnya. Dalam sejarah tercatat sebagai kabupaten tertua di Indonesia. Karenanya dia meminta Chairil ikut mengembangkan potensi sumber daya alam (SDA) dan budaya Kukar demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Pelantikan Chairil Anwar sebagai Wabup Kukar oleh Gubernur Kaltim Isran Noor. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

Isran bukan hanya berpesan kepada Chairil, melainkan juga kepada rakyat Kukar agar mendukung pemkab. Rakyat harus bersatu dan bersinergi sehingga terwujud Kaltim berdaulat.

“Kukar harus terus maju dan optimistis mampu menyejahterakan rakyatnya,” ucap Isran.

Dalam pesan terakhirnya Isran mengatakan, Kukar sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN) baru harus siap membantu perpindahannya. Karena Isran yakin ibu kota pasti pindah ke Kaltim. Apa yang dilakukan Kaltim dan Kukar menyambut IKN demi kepentingan bangsa dan negara.

Di satu sisi pandemi virus corona baru (Covid-19) juga masih terjadi di Kaltim. Pemkab Kukar diharapkan dapat memberikan informasi penanganan protokol kesehatan dalam menghadapi corona.

“Jelang Pilkada Desember 2020 nanti, jaga keamanan dan ketentraman, dengan mengelola sumber daya yang ada,” tegasnya.

Usai dilantik Chairil mengucapkan terima kasih kepada rakyat Kukar di 18 kecamatan. Dirinya meminta dukungan kepada masyarakat untuk memerangi Covid-19, dengan mengikuti standar protokol kesehatan. Jangan lupa memakai masker dan rajin cuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top