METROPOLIS

Kembali Bekerja, Empat Karyawan dari Luar Daerah ke Kaltim Positif Corona

SAMARINDA, Kate.id – Mulai berlakunya masa transisi tatanan hidup baru (New Normal) menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah melawan virus corona (Covid-19). Segala aktifitas sudah kembali berjalan normal, termasuk perusahaan, meski dengan memperketat protokol kesehatan.

Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kaltim melaporkan, Senin (15/6/2020) jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sudah mencapai 382 kasus. Terjadi penambahan empat kasus baru, yang semuanya berasal dari karyawan perusahaan, setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid 19 dengan hasil positif.

“Hari ini ada penambahan empat kasus positif di Kaltim,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak, saat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Senin (15/6/2020).

Adapun keempat kasus tersebut sebagai berikut:

  • Kutai Kartanegara 1 Kasus

1) KKR 63 (Laki-laki 40 tahun) merupakan kasus OTG pelaku perjalanan dari Banjarmasin yang akan kembali bekerja di Kutai Kartanegara dan melakukan pemerikasaan Covid 19 di Balikpapan. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

  • Paser 2 Kasus

1) PSR 19 (Laki-laki 35 tahun) dan PSR 20 (Laki-laki 47 tahun) merupakan kasus OTG yang akan mutasi tugas bekerja ke perusahaan di Kutai Kartanegara dan melakukan pemeriksaan Covid-19 di Balikpapan. Kasus dirawat di RS pertamina Balikpapan

  • Balikpapan 1 Kasus

1) BPN 100 (Laki-laki 45 tahun) merupakan kasus OTG (karyawan swasta) yang akan kembali bekerja di Balikpapan. kasus dirawat di RS Pertamina
Balikpapan.

Dari pemetaan kasus tersebut, Gugus Tugas Covid-19 Kaltim memastikan mereka adalah pekerja yang baru kembali bekerja di Kaltim. “Kalau melihat kondisi maupun juga penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 semua adalah mereka-mereka yang baru akan bekerja kembali di Kaltim,” imbuhnya.

Masih Ada 116 Pasien Dirawat

Ilustrasi pasien Covid-19 (Dok. Istimewa)

Gugus Tugas Covid-19 Kaltim menyampaikan, dari total akumulatif 382 kasus positif saat ini masih ada 116 pasien yang tengah menjalani perawatan di pelbagai RS yang menangani pasien Covid-19 di Kaltim. Sedangkan pasien yang sembuh bertambah satu orang dari Samarinda, sehingga total akomulatif menjadi 262 orang.

Pasien sembuh tersebut dengan kode SMD 40 wanita 30 tahun merupakan kasus dari kluster Loa Janan yang dinyatakan Sembuh karena dari hasil laboratorium Rujukan Covid-19 dinyatakan 2 kali dengan hasil negatif, serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

“SMD 40 (Wanita 30 tahun) merupakan kasus dari kluster Loa Janan yang dirawat di Wisma Atlet Kukar sejak 8 Mei 2020,” sebutnya.

Distribusi kasus yang dilakukan pemeriksaan Laboratorium berjumlah 2.248 kasus berdasarkan kriteria Orang Dalam Pemantauan (ODP) 144 kasus, Orang Tanpa Gejala (OTG) 1.305 kasus dan Pasien dalam Pengawasan (PDP) 799 kasus.

Kemudian kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada tambahan 47 kasus dari Samarinda, sehingga total kasus ODP 11.485 kasus, selesai pemantauan 10.948 kasus dan masih dalam proses pemantauan ada 537 kasus. Selain itu, hasil negatif bertambah 478 kasus, terdiri dari 471 kasus Samarinda dan 7 kasus dari Penajam Paser Utara. (lim)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top