METROPOLIS

Chairil Anwar Resmi Menjabat Wakil Bupati Kutai Kartanegara

Wakil Bupati Kukar terpilih Chairil Anwar. (Foto: ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Terhitung Senin (15/6/2020), Chairil Anwar sah menjadi Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pria yang pernah menjadi birokrat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar ini dijadwalkan dilantik Gubernur Kaltim Isran Noor di gedung Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim.

Pelantikan ini menyusul keluarnya Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian nomor 132.64-866 Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Kukar. Dalam keputusan tersebut Chairil Anwar resmi diangkat sebagai wabup sisa masa jabatan 2016-2020.

Pelantikan ini dibenarkan Sekkab Kukar Sunggono. “Ya rencananya pukul 14.00 Wita dilakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan,” ujarnya.

Dalam pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Chairil Anwar sebagai Wabup Kukar sisa periode 2016-2021, diberlakuan standar protokol penanganan Covid-19. Jumlah undangan yang disebar Protokol Pemprov Kaltim hanya berjumlah sebelas undangan. Sementara sisanya akan menyaksikan acara pelantikan secara virtual.

“Insyaallah juga tidak mengurangi kekhidmatan,” tambah Sunggono.

Pelantikan kepala daerah di tengah wabah Covid-19 sebenarnya bukan yang pertama kali. Pertengahan April lalu, Presiden Joko Widodo tetap melantik Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur DKI Jakarta di tengah wabah virus corona baru (Covid-19).

Acara pelantikan pun disesuaikan dengan protokol pencegahan Covid-19. Pelantikan itu digelar di Istana Negara Jakarta dan disiarkan lewat layanan streaming di YouTube Sekretariat Presiden.

Chairil Anwar terpilih menjadi Wabup Kukar pada sidang paripurna, Senin (4/5/2020). Pria yang pernah berkarier sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kukar itu meraih 40 suara, menyisihkan Djuraemi yang memperoleh tiga suara.

“Terima kasih kepada masyarakat Kukar, mohon dukungan dan doanya dalam menjalankan amanah sebagai Wabup Kukar, ” tuturnya.

Chairil merupakan mantan ASN di lingkungan Pemkab Kukar dengan jabatan terakhir Asisten I Setkab. Dirinya pensiun sebagai ASN sekira Februari 2019.

Chairil juga pernah diamanahkan sebagai Pj Bupati Kukar Periode 2015-2016 untuk menjalankan kekosongan pemerintahan dan memfasilitasi terselenggaranya proses Pilkada Kukar 2015. Pria kelahiran Loa Kulu ini yang mengantarkan Rita Widyasari dan Edi Damansyah menang dipilih rakyat Kukar sebagai bupati dan wabup kala itu. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top