GAME

Sony Resmi Perkenalkan Konsol Game PlayStation 5

Tampilan PS5. (Foto: SIE)

Kate.id – Produsen elektronik Sony Interactive Entertainment (SIE) resmi mengumumkan konsol video game terbaru mereka yaitu PlayStation 5 alias PS5, Kamis (11/6/2020) waktu Amerika Serikat. Mengusung desain vertikal dan berwarna hitam-putih, konsol ini menjadi penerus pendahulunya, PlayStation4 (PS5).

Konsol berteknologi kekinian itu bakal hadir dalam dua versi yaitu 4K Blu-ray dan Digital Edition. Yang terakhir disebut merupakan versi tanpa drive optik dan berukuran lebih ramping dibandingkan model reguler.

Digital Edition disebut-sebut bakal dijual lebih murah. Meski begitu Sony belum mengumumkan secara resmi harga jual konsol ini.

Walau dirancang dalam bentuk vertikal, PS5 juga bisa diletakkan secara horizontal di bawah monitor atau televisi. Bagian atas PS5 diberi jendela untuk mengeluarkan panas, sementara port USB-A dan USB-C berada di bagian depan.

Spesifikasi PS5 yaitu menggunakan CPU AMD Zen 2 octa-core serta GPU kustom berbasis AMD RDNA 2. Untuk memori, konsol ini menggunakan SSD 825GB serta performa 5.5GB/detik.

Pengguna harus memasang game yang ingin dimainkan di SSD internal. Sementara untuk kualitas gambarnya, PS5 mendukung grafis 8K dan 4K pada refresh rate 120Hz, juga audio 3D.

Selain itu Sony juga meluncurkan aksesoris untuk PlayStation 5 meliputi charging station DualSense, kamera HD, headset nirkabel Pulse 3D dan remote. Rencananya konsol ini dijual pada musim liburan tahun ini dengan sederet gamenya, salah satunya Grand Theft Auto (GTA) V.

“Dengan PlayStation 5, kami membuat lompatan yang signifikan untuk menghadirkan pengalaman bermain transformatif yang benar-benar akan mendefinisikan ulang game,” ujar Jim Ryan selaku CEO SIE.

Berkat kemitraan antara SIE dan Rockstar Games, GTA V dan GTA Online yang disempurnakan akan diluncurkan di PS 5 pada paruh kedua 2021. Dengan berbagai peningkatan teknis, peningkatan visual dan peningkatan kinerja pada perangkat PS 5, GTA V dan GTA Online dapat memanfaatkan fitur-fitur baru tersebut sehingga game dijanjikan lebih responsif dari sebelumnya.

GTA Online juga akan tersedia bagi semua pengguna PS 5 secara gratis dalam tiga bulan pertama peluncuran.

Selain itu, SIE Worldwide Studios bersama penerbit dan pengembang game juga meluncurkan sejumlah judul game untuk PS5. Sejumlah game yang eksklusif untuk PlayStation Studio, di antaranya ‘Spider-Man Miles Morales Marvel’ dari Insomniac Games, ‘Gran Turismo 7’ dari Polyphony Digital, serta ‘Horizon Forbidden West’ dari Guerrilla Games.

Kerja sama dengan pihak ketiga juga dilakukan dalam rilisannya gamenya, antara lain ‘NBA 2K21’ dari 2K, ‘Resident Evil Village’ dari Capcom, serta peluncuran game baru di PS 5 sebagai konsol eksklusif termasuk ‘DEATHLOOP’ dari Bethesda. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top