SEPAK BOLA

PSSI Klaim Penghapusan Degradasi Liga Indonesia Bentuk Keadilan

Iwan Bule. (Foto: ist)

JAKARTA, Kate.id – Degradasi direncanakan dihapus dalam kelanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia, September atau Oktober mendatang. Hal ini menurut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dilakukan dengan didasari atas rasa keadilan.

“Mengapa tidak ada degradasi? Kami kasihan nanti jika ada tim yang berasal dari daerah terdampak Covid-19 dan tidak maksimal mainnya. Nanti tim tersebut turun kasta,” ungkap pria yang karib disapa Iwan Bule itu.

Menurut dia, penghapusan sistem degradasi bercermin pada Liga Jepang (J-League) yang sama-sama meniadakan sistem turun kasta bagi klub penghuni peringkat terbawah.

Namun meski tak ada degradasi, PSSI tetap memberlakukan sistem promosi bagi klub Liga 2 yang keluar sebagai juara dan peringkat kedua. Apabila sistem tersebut diberlakukan maka pada kompetisi Liga 1 musim 2021 bakal diikuti 20 tim.

“Keputusan itu kami ambil setelah melihat dari kompetisi negara-negara lainnya seperti Jepang dan lainnya,” kata Iwan.

Namun kebijakan itu bukan merupakan keputusan final. Apalagi terdapat sejumlah pihak yang menentang rencana tersebut dengan alasan melanggar statuta. PSSI masih memiliki waktu yang cukup panjang untuk membahas segala penyesuaian-penyesuaian agar liga berjalan tanpa masalah.

“Walaupun ada yang memprotes itu tidak ada di statuta, tetapi kami koordinasi dengan semua pihak dan berkaca di sepak bola Jepang,” tegasnya. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top