METROPOLIS

Kutai Kartanegara Punya Alat TCM dan PCR, Bisa Cepat Pastikan Hasil Tes Covid-19

Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau alat TCM yang tersedia di RSUD AM Parikesit. (Foto: Hik/kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini tidak butuh waktu lama lagi untuk mengetahui hasil swab seseorang apakah positif atau negatif virus corona baru (Covid-19). Pasalnya RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang kini sudah memiliki alat TCM atau tes cepat molekuler.

Hal ini membuat Bupati Kukar Edi Damansyah merasa senang. Apalagi dalam waktu dua pekan alat polymerise chain reaction (PCR) juga tiba di Kukar, yang saat ini masih proses pengiriman dari luar negeri.

“Kita patut bersyukur RSUD AM Parikesit sudah memiliki alat TCM. Sehingga dapat diketahui lebih cepat, apakah pasien positif corona atau tidak. Tidak seperti dahulu, yang harus dikirimkan dulu ke luar Kukar untuk dapat mengetahui hasilnya,” ungkap Edi, Selasa (9/6/2020) kemarin.

Sebelumnya dia merasa prihatin saat Kukar belum memiliki alat TCM atau PCR. Pasalnya ada pasien yang meninggal dengan status ragu-ragu karena hasil swabnya belum keluar dari laboratorium balai besar kesehatan yang ada di Surabaya. Tetapi sudah terlanjur dilakukan proses pemakaman melalui prosedur Covid-19.

“Dengan memiliki alat sendiri, maka diharapkan tidak terjadi lagi kasus meninggal dunia tetapi belum ada kepastian hasilnya positif atau negatif,” tutur Edi.

Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau alat TCM yang tersedia di RSUD AM Parikesit. (Foto: Hik/kate.id)

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina menjelaskan, secara teknis dengan alat TCM dapat diketahui hasil uji swab dengan cepat. Tidak sampai dua jam hasilnya sudah dapat diketahui apakah seorang itu positif atau negatif Corona.

“Pembelian alat TCM bersumber dari kas RSUD AM Parikesit. Sebagai bentuk komitmen penanganan Covid-19 di Kukar,” jelasnya.

Alasan membeli alat TCM ini sendiri untuk melakukan pemeriksaan secara mendesak. Sembari menunggu alat PCR yang sudah dipesan datang dari luar negeri.

“Mohon doanya, dua pekan lagi direncanakan alat PCR tiba. Alat tersebut lebih besar lagi kapasitasnya, mampu periksa swab mencapai 100 sampel,” pungkasnya. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top