METROPOLIS

Rapid Test Massal di Pasar Mangkurawang, Bakal Dipasang Tanda Jarak Aman

Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau rapid test bagi pedagang Pasar Gerbang Raja Mangkurawang. (Foto: Hik/kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Tim Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) yang dibantu personel Satpol PP dan Pengelola pasar, Selasa (9/6/2020) pagi melaksanakan rapid test Covid-19 massal di pasar Gerbang Raja Mangkurawang. Pemkab Kukar yang dipimpin Bupati Edi Damansyah menargetkan dalam satu pekan ini rapid test di dua pasar yang ada di Tenggarong selesai.

“Total pedagang yang kami rapid test berjumlah 1.224 pedagang. Di Pasar Mangkurawang  pedagang yang akan di-rapid berjumlah 824 pedagang. Sedangkan di Pasar Tangga Arung berjumlah 400 pedagang,” papar Bupati Edi Damansyah saat meninjau rapid test.

Bupati Edi menyebut, rapid test melibatkan tim kesehatan dengan pengelola pasar. Agar berjalan sukses, harus juga didukung para pedagang. Rapid test ini menurutnya sebagai bentuk nyata dari Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 di Kukar dalam melindungi masyarakat dari terjangkit virus corona. Sehingga jangan disalahartikan yang macam-macam.

“Kegiatan rapid test bagi kalangan pedagang pasar jangan diarahkan ke yang macam-macam oleh pihak tertentu. Ini murni untuk melindungi rakyat Kukar,” tegas Edi.

Dia memastikan, jika rapid test ini selesai dan dapat diketahui hasilnya, yang senang juga para pedagang. Karena antara pedagang yang satu dengan pedagang lainnya, tidak saling curiga ada yang terjangkit Covid-19.

“Setelah rapid test di pedagang selesai, nantinya bisa saja mengarah kepada pembeli,” jelasnya.

Edi menyebut Pasar Gerbang Raja Mangkurawang merupakan proyek percontohan lokasi relaksasi  sektor ekonomi masyarakat. Setelah hampir tiga bulan dilakukan pembatasan sosial di kalangan pedagang. Pasar tetap berjalan tetapi dalam suasana terbatas.

“Di pasar akan disiapkan bilik sterilisasi dan tempat cuci tangan di beberapa titik,” ucap Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kukar ini.

Sementara itu ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar dr Martina Yulianti, untuk penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di pasar Mangkurawang, ditekankan kepada pedagang untuk tidak lupa memakai masker. Juga memperhatikan jaga jarak aman antara pedagang dan pembeli.

“Yang belum ada di Pasar Mangkurawang adalah tanda batas jarak aman antara pedagang dan pembeli. Ini akan kami usulkan ke pengelola pasar agar dibuatkan tanda tersebut bisa dengan menggunakan lakban,” Jelas Martina. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top