POLITIK

PAN Resmi Usung Barkati-Darlis di Pilkada Samarinda

SAMARINDA, Kate.id – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mengusung pasangan calon (paslon) M Barkati dan HM Darlis dalam Pilkada Samarinda. Keputusan tersebut setelah DPP PAN resmi mengeluarkan SK bernomor PAN/Kpts/KU-SJ/026/III/2020 tentang Persetujuan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda yang ditandatangani Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai syarat pendaftaran paslon di KPU nanti.

Ketua DPD PAN Samarinda Jasno membenarkan hal tersebut. Hal ini juga menjawab arah dukungan partai berlambang matahari tersebut dalam percaturan politik di Ibu Kota Kaltim ini. “SK itu artinya sudah final, tidak mungkin berubah lagi,” tegas Ketua Fraksi PAN DPRD Samarinda ini.

SK DPP PAN terkait persetujuan paslon Barkati-Darlis (Dok. facebook)

Arah dukungan ini tak lepas dari bakal calon Wakil Wali Kota Samarinda yang diusung, HM Darlis yang merupakan pimpinan DPW PAN Kaltim. Darlis dalam akun media sosialnya membagikan SK usungan tersebut.

“Alhamdulillah berkat rahmat dan izin Allah SWT, DPP PAN telah mengeluarkan SK Persetujuan paslon untuk Bapak M Barkati dan Saya di Pilkada Samarinda. Semoga ikhtiar ini menjadi amal jariyah kita semua dan kebaikan untuk kemajuan kota yang kita cintai bersama ini. Aamiin,” tulis Darlis dalam akun media sosialnya, Senin (8/6/2020).

SK tersebut diterbitkan DPP PAN tertanggal 31 Mei 2020 lalu. Namun baru dapat disampaikan atau diterima saat ini karena menurut Jasno, terkendala oleh masa pandemi Covid-19 ini.

BACA JUGA: Tangan Tuhan di Balik Langkah Darlis Maju Pilkada Samarinda

Diketahui duet paslon Barkati-Darlis mengejutkan banyak pihak karena tidak diperhitungkan sebelumnya. Mencuat pada bulan Mei lalu di tengah “kejenuhan” masyarakat Samarinda akan figur yang telah muncul sebelumnya.

PAN sendiri menjadi parpol pertama yang resmi mengusung paslon Barkati-Darlis. Namun dukungan PAN ini belum mencukupi syarat usungan paslon untuk didaftarkan ke KPU Samarinda dalam mengikuti kontestasi Pilkada mendatang. Karena PAN hanya memiliki empat kursi dari syarat minimal dukungan sembilan kursi legislatif.

Kabarnya, sejumlah parpol bakal menyusul memberikan dukungannya kepada duet ini. Salah satunya adalah PDI Perjuangan. Arah dukungan itu terlihat dari sejumlah kegiatan bakti sosial M Barkati yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Samarinda didampingi oleh Ketua DPRD Samarinda yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Samarinda, Siswadi. “Kita tunggu saja tanggal mainnya. Kami harap yang lain bergabung dengan pasangan ini,” tandasnya. (lim)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top