METROPOLIS

Tegakkan Disiplin Covid-19, Pemkab Kutai Kartanegara Sasar Tiga Lokasi

Bupati Edi Damansyah bersama Kapolres Kukar AKBP Andreas SN dan Dandim Tenggarong Letkol Inf Charles Alling. (Foto: Hik/kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate. Id – Mulai Jumat (5/6/2020) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan melakukan penegakan disiplin bagi masyarakat. Penegakan disiplin ini sebagai upaya percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran pandemi virus Corona baru (Covid- 19) di Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah menerangkan, untuk langkah awal penegakan disiplin akan dilakukan di tiga lokasi.

“Besok (Jumat, Red.) kami lakukan upaya penegakan disiplin di kecamatan Tenggarong dahulu. Meliputi Pasar Gerbang Raja Mangkur awang, Masjid Agung Tenggarong dan Taman Wisata Ladaya,” ucap Edi, Kamis (4/6/2020) siang di Makodim Tenggarong.

Edi yang didampingi Dandim Tenggarong Letkol Inf Charles Alling dan Kapolres Kukar AKBP Andreas Susanto Nugroho memastikan, fase relaksasi sudah dilakukan sebagai upaya menghidupkan kembali perekonomian masyarakat. Penegakan disiplin sebagai upaya mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan penanganan covid-19.

Setelah penegakan disiplin di Tenggarong, selanjutnya akan dilakukan di 17 Kecamatan lainnya.

“Di Desa sudah terbentuk satgas Covid-19 dan satgas sudah menjalankan SOP dengan baik. Dalam menjalankan penegakan disiplin di desa, akan melibatkan tokoh agama dan masyarakat. Karena penegakan disiplin harus sesuai dengan kearifan lokal masyarakat,” jelas Edi.

Target dari penegakan disiplin bagi masyarakat menurut Edi agar masyarakat sadar. Mengedukasi rakyat agar tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19 meski fase kenormalan baru atau New Normal sudah berjalan.

“Jangan lupa wajib pakai masker jika keluar rumah dan hindari kerumunan, serta jangan lupa cuci tangan pakai sabun,” ujarnya.

Kata dia, sukses penanganan Covid-19 ada pada masyarakat sendiri. Masyarakat harus berpartisipasi bersama-sama dalam menangani Covid-19.

“Tugas pemerintah ingin melindungi masyarakat, dan aktivitas ekonomi masyarakat tetap berjalan,” tutur pria yang pernah menjabat Sekretaris Daerah Kukar itu.

Sementara itu Kapolres Kukar Andreas SN memastikan akan menurunkan seluruh personelnya. Ini dilakukan demi mendukung penegakan disiplin bagi masyarakat di fase New Normal. Agar jangan lengah dan meremehkan karena pandemi juga masih terjadi.

“Kami siapkan 700 lebih personel untuk penegakan disiplin. Bagi masyarakat yang tidak menerapkan standar kesehatan, maka akan kami tegur secara humanis,” jelas Andreas.

Sedangkan Dandim Alling menyatakan, Kodim Tgr siap menjalankan penegakan disiplin. Karena pihaknya juga sudah mendapatkan instruksi dari pimpinan pusat TNI agar membantu pemerintah daerah dalam melawan pandemi Covid-19.

“Kami komitmen membantu Pemkab Kukar dalam penanganan Covid-19. Dengan penegakan disiplin bagi masyarakat, namun tetap memakai upaya kolaborasi dan inovatif. Agar apa yang direncanakan bisa berjalan sesuai yang diharapkan kita semua,” sebut Alling. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top