METROPOLIS

PSBB Jakarta Masuk Masa Transisi, Aktivitas Sosial dan Ekonomi Mulai Diperbolehkan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan). (Foto: FB Anies Baswedan)

JAKARTA, Kate.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Kamis (4/6/2020) mengumumkan beroperasinya secara bertahap aktivitas sosial maupun ekonomi di ibu kota jakarta di masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di bulan Juni.

Pada hari Jumat (5/6/2020) tempat ibadah di DKI Jakarta dapat dibuka kembali, aktivitas perkantoran dapat dimulai pada hari Senin (8/6/2020), pusat-pusat perbelanjaan dan tempat-tempat wisata dapat beroperasi mulai 15 Juni dan 20 Juni mendatang. Gubernur meminta seluruh masyarakat dan pelaku usaha untuk menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Bila kita tidak disiplin, bila pusat perbelanjaan dibuka secara bebas tanpa protokol kesehatan. Bila restoran dibuat penuh karena ingin mengejar keuntungan, bila perkantoran memaksakan untuk semua orang masuk bersamaan, mengejar target, bila ibadah massal dilakukan secara masif, terjadi kerumunan tanpa jarak aman, maka konsekuensinya, kita bisa menyaksikan lonjakan kasus, seakan kita kembali ke bulan-bulan sebelumnya,” ungkap Anies.

“Dan bila itu mulai terjadi, maka Pemprov DKI Jakarta Gugus Tugas DKI Jakarta tidak akan ragu, tidak menunda untuk menggunakan kewenangannya, menghentikan kegiatan sosial ekonomi di masa transisi ini,” sambungnya.

Gubernur menegaskan pelonggaran di masa transisi PSBB tidak berlaku di wilayah zona merah Covid-19. Di DKI Jakarta seanyak 66 dari 2.741 wilayah RW berstatus zona merah Covid-19. Pada 66 RW tersebut diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL). (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top