METROPOLIS

Kasus Covid-19 Kaltim Membeludak, Delapan ABK Positif Tertular

Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda saat melakukan swab test massal ABK kapal logistik yang sandar di pelabuhan Samarinda belum lama ini. Foto: Istimewa

SAMARINDA, Kate.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Kalimantan Timur (Kaltim) mencatat pada Rabu (3/6/2020) terjadi lonjakan 13 kasus baru terkonfirmasi positif. Tingginya kasus positif Covid-19 didominasi dari klaster anak buah kapal (ABK) delapan kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan, dengan penambahan 13 kasus maka secara keseluruhan total terkonfirmasi positif menjadi 310 kasus.

“Hingga hari ini pun masih saja terjadi penambahan kasus positif. Kondisi ini harus menjadi perhatian dan kewaspadaan kita bersama,” kata Andi saat press conference melalui aplikasi Zoom Cloud di Samarinda, Rabu (3/6/2020).

Andi merincikan dari 13 kasus yaitu satu kasus di Kutai Barat (Kubar) dengan kode KBR 22. Merupakan kasus orang tanpa gejala (OTG) yang ditetapkan oleh DPJP dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kubar. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan sejak terkonfirmasi pada hari ini.

Kemudian tiga kasus di Balikpapan. Dengan rincian, tiga kasus (BPN 65 laki-laki 33 tahun dan BPN 66 Laki-laki 50 tahun) merupakan Kasus OTG yang ditetapkan DPJP dan Dinkes Kota Balikpapan. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan sejak terkonfirmasi Covid 19 pada hari ini dan 1 Kasus (BPN 64 Wanita 35 tahun) merupakan OTG yang ditetapkan DPJP dan Dinkes Kota Balikpapan. Kasus dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo sejak 2 Juni 2020.

Lalu penambahan satu kasus di Bontang, dengan kode BTG 13 (Laki-laki 30 tahun) merupakan OTG yang ditetapkan oleh DPJP dan Dinkes Kota bontang yang dirawat di RS Pupuk Kaltim Bontang.

Sedangkan sisanya dari Samarinda yaitu 8 ABK Bali Kuta. Merupakan kasus OTG yang ditetapkan DPJP dan Dinkes Kota Samarinda dengan hasil rapid test reaktif. Seluruh kasus dirawat di RS Karantina Bapelkes sejak 2 Juni 2020. ABK dari kapal logistik ini dengan perjalanan dari Makassar ke Balikpapan, lalu bersandar di Kota Tepian akhir Mei lalu.

“Sementara hari ini kasus terkonfirmasi Covid-19 yang dilaporkan sembuh sebanyak 2 kasus, sehingga total pasien sembuh menjadi 177 kasus. 2 kasus tersebut dari Kutai Barat KTM 11 Wanita 50 tahun dan KTM 33 Wanita 48 tahun,” jelasnya.

Sementara itu, di tengah masa relaksasi menuju New Normal jumlah kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) naik cukup drastis. Gugus Tugas Covid-19 Kaltim mencatat ada penambahan sebanyak 325 kasus per Rabu 3 Juni 2020.

“Secara akumulatif total ODP Kaltim menjadi 10.749 kasus, selesai pemantauan 9.988 kasus dan masih dalam proses pemantauan ada 491 kasus,” tambahnya.

Sementara hasil PDP dengan hasil negatif hari ini bertambah 175 kasus dari Kukar 1 kasus, Kutim 3 kasus, Balikpapan 63 kasus, Bontang 2 kasus dan Samarinda 106 kasus. (lim)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top