METROPOLIS

Prioritas Pembangunan Kutai Kartanegara di 2019 Sudah Tercapai

Bupati Kukar Edi Damansyah. (Foto: ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Prioritas rencana pembangunan Kutai Kartanegara (Kukar) pada 2019 lalu sudah tercapai. Yaitu prioritas yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 yang tujuan besarnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) dengan peningkatan kualitas dasar layanan dan penurunan angka kemiskinan di Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengungkapkan, prioritas pertama sasarannya adalah bagaimana meningkatkan kualitas dan layanan pendidikan. Dengan meningkatkan angka partisipasi pendidikan anak usia dini (PAUD), penurunan angka putus sekolah dari jenjang pendidikan dasar dan menengah. Budaya baca masyarakat yang masih rendah juga meningkat sejak mengaktifkan perpustakaan desa.

“Meminimalisasi angka kematian ibu dan anak serta balita menjadi penting. Dan ini berhasil, dengan capaian 91,95 persen,” sebut Edi.

Prioritas lainnya yaitu meningkatkan kebutuhan layanan perumahan yang layak huni, serta meningkatkan kesempatan kerja, dan optimalisasi potensi sosial ekonomi masyarakat. Kemudian peningkatan nilai tambah ekonomi dari industri olahan, pertanian arti luas, pariwisata serta ekonomi kreatif.

Demi mewujudkannya, Edi mengatakan pemerintah kabupaten (Pemkab) sudah melakukan percepatan kedaulatan pangan. Yaitu dengan melakukan revolusi jagung. Pengembangan industri pangan juga sudah dilakukan melalui komoditas pertanian dan perikanan yang menjadi potensi daerah yang siap berdaya saing antar daerah.

“Peningkatan potensi wisata dan tingkat kunjungan ke Kukar ini sudah berhasil. Karena kualitas aksesibilitas antarkecamatan dan desa sudah terhubung, “ ungkapnya.

Prioritas yang tidak ketinggalan dan juga sudah mengalami keberhasilan adalah peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Reformasi Birokrasi. Peningkatan pendapatan dari sektor pajak dan retribusi daerah diklaim mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Peningkatan kapasitas birokrasi demi mewujudkan RB, juga sudah dilakukan agar lebih profesional menjalankan pemerintahan.

“Perbaikan layanan aparatur dilakukan agar pelayanan publik lebih prima,” papar Bupati Edi. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top