INTERNASIONAL

Gelombang Kedua Ebola Baru Merebak di Tengah Pandemi Covid-19

Tenaga medis membawa jenazah warga yang meninggal karena Ebola. (Foto: ist)

Kate.id – Pandemi virus corona baru (Covid-19) bukan semata-mata ancaman bagi dunia. Belakangan, virus ebola baru juga merebak dan telah memakan korban jiwa ribuan orang di Republik Demokratik Kongo (DRC).

Pada Senin (1/6/2020), Organisasi Kesehatan Sedunia WHO mengonfirmasi terjadinya gelombang wabah kedua virus Ebola yang mematikan di negara tersebut. Padahal awalnya wabah pertamavirus ini tampaknya mulai berakhir.

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkap, wabah baru ini terjadi dekat kota Mbandaka di provinsi Equateur. Tahun 2018, provinsi Equateur mengalami wabah Ebola yang menewaskan 33 orang sebelum akhirnya dikendalikan.

Sementara itu Gubernur provinsi Bobo Boloko Bolumbu juga memastikan adanya empat korban meninggal dunia. Dia mengatakan sampel-sampel telah dikirim ke INRC, markas riset medis nasional di Kinshasa, untuk konfirmasi kedua. Untuk itu Bolumbu mendesak warga untuk tetap tenang, menjaga kebersihan dan tidak bersalaman.

Di tempat lain, DRC timur telah berusaha memberantas wabah virus mematikan itu sejak 2018. Wabah itu menewaskan lebih dari 2.240 orang. DRC juga berusaha mengatasi wabah campak, yang terbesar di dunia, serta virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Hampir 3.200 penderita virus corona telah dilaporkan di DRC, menurut Universitas Johns Hopkins, yang melacak perebakan Covid-19. 72 orang dilaporkan meninggal dunia. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top