METROPOLIS

Hari Lahir Pancasila Momentum untuk Meningkatkan Semangat Gotong Royong di Tengah Pandemi

SAMARINDA, Kate.id – Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengikuti upacara peringatan Hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 juni yang berlangsung di ruang Tepian II kantor Gubernur, Jalan gajah mada, Senin (1/6/2020).

Upacara tersebut, dipimpin oleh Presiden Joko Widodo diikuti oleh seluruh Jajaran Menteri, Pejabat Pusat dan Kepala Daerah se-Indonesia menggunakan video teleconfrence melalui aplikasi zoom, mengingat wabah pandemi Covid-19 atau virus Corona masih belum terselesaikan, dengan mengikuti aturan protokol kesehatan.

Momentum tersebut mengangkat tema “Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju” diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan prosesi Pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan pembacaan teks UUD 1945 oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Dalam amanatnya Presiden mengungkapkan, peringatan hari kelahiran Pancasila tahun ini merupakan suatu ujian besar bagi bangsa Indonesia baik dari sisi pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan, dan menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat akibat dampak yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negeri ini maupun dunia.

Namun, Jokowi menuturkan sebagai bangsa besar kita patut bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan. Meningkatkan rasa kepedulian untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan serta rasa kegotong-royongan guna meringankan beban seluruh anak negeri.

“Nilai-nilai luhur Pancasila harus dapat kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita sehari-sehari. Pancasila harus tetap menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah dan nilai yg terus begerlora dalam semangat rakyat Indonesia,”ungkapnya dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Jokowi juga mengajak seluruh penyelenggara negara untuk berpihak kepada masyarakat yang mengalami kesulitan tanpa membedakan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

Di akhir pidato, Jokowi juga mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk tampil sebagai pemenang serta mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan dengan tidak berhenti berkreasi, berinovasi dan berprestasiserta menciptkan karya nyata di tengah pandemi ini.

“Mari kita buktikan ketangguhan kita, mari kita menangkan masa depan kita. Kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa bahwa kita adalah bangsa yang kuat. Bukan hanya mampu menghadapi tantangan tetapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan,”ucap Presiden.

“Selamat hari lahir Pancasila, Selamat hari lahir Pancasila, Selamat hari lahir Pancasila. Mari kita selalu bersatu saling peduli dan selalu berbagi untuk kemajuan negeri kita tercinta ini,”pungkasnya.

Ditemui usai upacara, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan momentum hari Pancasila mengingatkan betapa pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan sebagaimana yang tertuang di dalam sila-sila Pancasila yakni pentingnya kita memperhatikan proses gotong royong dalam rangka menuju Indonesia maju.

Untuk itu, ditengah kondisi Pandemi Covid-19 yang dihadapi seluruh wilayah indonesia tak tertinggal di Bumi Etam peringatan Hari Pancasila ini menjadi momen bagi warga Kaltim untuk terus bergotong-royong membangun Indonesia melawan virus corona dan persoalan ekonomi-ekonomi.

“Jadi kita tetap optimis Indonesia akan maju walaupun kita sedang dalam keadaan sulit seperti sekarang ini,”ujar Hadi. (sp)

Comments

BERITA TERBARU

To Top