SOSOK

Bakti Tulus Ahmad Syaiful Acong untuk Kutai Barat

H. Ahmad Syaiful Acong bakal calon Bupati Kutai Barat dengan taglinenya #TulusUntukKubar (Dok. Facebook Ahmad Syaiful Acong)

Ahmad Syaiful Acong (Haji Acong) bukan nama asing di masyarakat Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur (Kaltim). Bukan hanya sosok pengusaha sukses, pria asal Tering Seberang ini juga menjalankan amanah sebagai Anggota DPRD Kubar periode 2019-2024. Khususnya dari daerah pemilihan (Dapil) I yang meliputi Kecamatan Long Iram, Tering, Linggang Bigung, Barong Tongkok, Nyuatan, dan Damai.

Bersama keluarga, istri, dan anak-anaknya.

Acong, demikian sosok ini akrab disapa, sudah dekat dengan rakyat semenjak masih muda. Berasal dari keluarga yang kurang mampu membuatnya bisa merasakan penderitaan belasan ribu warga Kubar (merujuk data BPS 2018: 13,49 ribu jiwa) yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Hal ini menjadi salah satu alasannya untuk kemudian terjun ke dunia politik, demi memperjuangkan masyarakat Kubar mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Saat masih muda, lahir dan besar di keluarga yang sangat sederhana

Dalam kiprahnya di ranah politik yang masih tergolong pendatang baru, pria kelahiran Tering Seberang 15 Juni 1969 ini sudah terbukti menepati janji. Tak sepeser pun dari penghasilan sebagai anggota dewan digunakannya untuk kepentingan pribadi, sebagaimana janjinya kala kampanye dahulu. Oleh Acong, semua penghasilannya itu dipakai habis untuk membeli beras, hingga tujuh ton setiap bulannya. Beras tersebut kemudian dibagikan kepada rakyat Kubar yang membutuhkan. Bukan hanya yang memilih Acong, mereka yang tidak memilihnya dalam pemilu pun turut mendapat pembagian beras tersebut.

Rakyat tampak bahagia, saat menerima pembagian beras, yang dikonversi dari penghasilannya sebagai Anggota DPRD Kutai Barat

Sejak awal mengikuti kontestasi politik, niat Acong memang hanya untuk rakyat. Tidak ada kebanggaan bagi anak keenam dari sebelas bersaudara ini apabila tidak bisa membantu rakyat Kubar yang membutuhkan. Maka Acong yang sejatinya kurang menyukai dunia politik, pada akhirnya turun langsung mewakili rakyat daerah tempatnya lahir dan tumbuh dewasa. Partai Golkar menjadi perahu politiknya guna mewujudkan cita-cita luhur tersebut.

Sebagai pendatang baru, Acong sukses meraih suara terbanyak di Pemilu 2019 lalu

Niat baik, hasilnya juga pasti akan baik. Demikian keyakinan Acong kala itu. Hingga kemudian Tuhan merestui niat suci itu, dia terpilih sebagai Anggota DPRD Kubar periode 2019-2024 dengan perolehan suara terbanyak, 6.013 suara. Jabatan Wakil Ketua DPRD Kubar pun disandangnya, semakin menguatkan kepercayaan rakyat Kubar terhadap sosok Acong.

Saat dilantik sebagai Anggota DPRD Kutai Barat periode 2019- 2024.

Kepercayaan yang begitu besar itu tak disia-siakan Acong. Pada masa-masa awal menjabat saja, sudah banyak permasalahan masyarakat Kubar yang ikut diselesaikannya. Termasuk juga permasalahan antara masyarakat dengan perusahaan yang kerap terjadi. Setiap aspirasi dari rakyat yang datang kepadanya pun ditampung, untuk kemudian diperjuangkannya di tingkat DPRD dengan sekuat tenaga.

Sebagai putra kelahiran Kubar, Acong memahami benar kondisi daerahnya. Menurutnya masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dibenahi pemerintah. Belasan ribu warga yang masih hidup di bawah garis kemiskinan misalnya, juga tingkat pendidikan di Kubar yang berada peringkat kedua dari bawah di provinsi Kaltim. Pun demikian dengan pembangunan infrastruktur, khususnya infrastruktur jalan di Kubar yang tak kunjung tuntas. Padahal sudah lebih dua dekade Kubar berdiri mandiri sebagai sebuah daerah otonom.

Bersilaturahmi, menerima dengan terbuka, keluhan dan aspirasi masyarakat

Disadari, butuh sosok pemimpin yang berani dan cermat untuk bisa menuntaskan semua permasalahan tersebut. Hal ini yang membuat Acong lantas memilih keluar dari zona nyaman, dengan sekali lagi terjun dalam kontestasi politik. Kali ini, dia maju mencalonkan diri sebagai Bupati Kubar untuk periode 2021-2024 dalam Pilkada serentak yang bakal digelar tahun ini. Bersama bakal calon wakilnya, Ir. Asrani, seorang birokrat di Pemkab Kubar. Maka muncul slogan Acong dan Asrani, yang dikenal dengan ASA.

Dukungan dari berbagai tokoh masyarakat, menguatkan langkahnya maju di Pilkada Kubar tahun ini.

Dengan menjadi Bupati kelak, Acong meyakini bisa berbuat lebih banyak dalam memajukan Kubar. Dia berjanji bakal menyelesaikan semua persoalan infrastruktur. Misinya, semua jalan di Kubar harus bisa terselesaikan. Baik itu jalan di kampung-kampung, jalan kabupaten, jalan provinsi maupun jalan nasional. Acong siap meningkatkan sinergi ke pemerintah provinsi untuk jalan provinsi, serta siap berjuang melobi ke pemerintah pusat untuk jalan nasional, agar kondisi jalan di Kubar lebih baik dari yang ada sekarang. Pun demikian dengan batas kampung, juga mesti dituntaskan. Apalagi batas wilayah ini merupakan permasalahan Kubar yang hingga kini belum tuntas. Acong punya jurus jitu soal ini.

Haji Acong dan Asrani saat diwawancarai oleh awak media.

Bukan sekadar retorika, pengalaman sebagai pengusaha yang sukses malang melintang di bumi Kubar, membuat Acong memahami bagaimana menjawab setiap persoalan yang terjadi. Jebolan Fakultas Hukum Universitas Tritunggal Surabaya ini punya banyak gagasan yang menanti diimplementasikan demi membawa Kubar lebih baik. Salah satunya, terkait upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) agar bisa bertambah signifikan, dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki Kubar. Karena dengan PAD yang tinggi, akan banyak program yang dapat dibuat untuk masyarakat.

“Kubar punya tambang, sawit, hutan, jalan, pelabuhan, masa tidak bisa dapat uang?”

begitu pertanyaan yang kerap mengganggu Acong.
Dalam salah satu kesempatan, Acong (jaket cokelat) bersama kolega rekan kerja dan bisnisnya

Sosok pemimpin berani dan cermat itu ada pada diri Acong, khususnya sejak bergelut sebagai pengusaha daerah. Profesionalitas dan loyalitas seakan sudah menjadi nama tengahnya di dunia usaha. Menjaga benar kepercayaan yang diberikan, membuat Acong begitu disegani baik oleh rekan maupun rival bisnis. Kepemimpinan yang memberikan teladan di depan, menjadikannya dihormati oleh 300-an lebih karyawan di perusahaan-perusahaan yang dia pimpin.

Salam komando! Berbaur dengan siapa saja tanpa melihat status sosialnya

Namun demikian, nyatanya Acong tetap tampil sederhana. Sebagai sosok yang sangat bersahaja, sederhana; tidak berlebih-lebihan. Dia lebih senang mengenakan celana pendek dalam kegiatan sehari-hari. Begitulah Acong, dia lebih senang tampil apa adanya tanpa menunjukkan status sosial. Setinggi apapun pencapaian yang diraihnya, Acong tetaplah Acong yang peduli terhadap rakyat. Tak ada yang berubah.

Dalam kesehariannya, Acong (empat dari kiri) tampil apa adanya. Lebih suka mengenakan kaos oblong dan celana pendek saja.
Dekat dengan rakyat tanpa sekat!

Bila kelak dipercaya menjadi orang nomor satu di Kubar pun, niat baik Acong akan tetap sama. Dia tidak akan menyentuh gaji dan tunjangannya untuk kepentingan pribadi, melainkan bakal diserahkan sepenuhnya kepada rakyat Kubar yang begitu dia sayangi. Semata karena apa yang Acong lakukan, semuanya #TulusUntukKubar (Baca: Tulus untuk Rakyat Kutai Barat). (*)

Kehadirannya begitu dinanti masyarakat. Dalam sekali kegiatan, tak jarang dihadiri ratusan hingga ribuan orang.

BIOGRAFI

Nama: H. Ahmad Syaiful Acong, SH

Istri: Hj. Santiana (Orang Tunjung Simpang Raya, menikah tahun 1994)

ANAK

  • Ika Ardila, Amd.Kep
  • Muhammad Wahyuda
  • Muhammad Jefri Almadani
  • Ahmad Al Fatar

ORANG TUA

Bapak: H. A. Thaib bin Lagunggung (Alm) – Lahir di Tering Lama, seorang guru SD Kampung di Tering Lama.

Ibu: Hj. Nurhaidah binti Jihan Mansyur (Almh) – Orang Long Iram, seorang Ibu Rumah Tangga.

SAUDARA KANDUNG

  • Hj. Ratna Sudiawati (Almh)
  • Hj. Fatmah Juraidah Thaib, S.Pd.
  • Hj. Nurhidayati, S.Pd.
  • H.M. Zainuddin Thaib, S.E.
  • Syaiful Ifni, S.Pd.
  • H. Ahmad Syaiful Acong, S.H.
  • Hj. Siti Anita Handayani
  • M. Alfian Thaib
  • M. Sadli
  • Ety Kusendang, A.Md. Kep.
  • Hj. Ratna Danishara

PENDIDIKAN TERAKHIR

Sarjana Hukum di Universitas Tritunggal Surabaya

JABATAN SEKARANG

Anggota DPRD Kutai Barat 2019-2024/ Wakil Ketua I DPRD Kutai Barat

RIWAYAT ORGANISASI

  • Ketua KKSS Kutai Barat
  • Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai Kutai Barat
  • Pengurus PBSI Kutai Barat
  • Pimpinan PB IWJ Group bidang olahraga
  • Ketua Harian DPD Partai Golkar Kutai Barat
  • Ketua BAPPILU DPD Partai Golkar Kutai Barat

KARIER

  • PT. Kelian Equatorial Mining, Karyawan Operation Plant (Mining), 1995 – 1998.
  • PT. Dewata Wanatama Lestari (DWL), Direktur Produksi (Foresty), 2012- 2015.
  • PT. Ika Wahyuda Jefri (IWJ), Komisaris Utama (Contraktor & Supplier), 2014 – Sekarang.
  • PT. Triwira Asta Bharata (TAB), Kuasa Direksi (Mining), 2015 – Sekarang.
  • PT. Tering Jaya Lestari (TJL), Direktur (Foresty), 2015 – sekarang.
  • Koperasi Pondok Pesantren Darussalam (KPPD), Kuasa Usaha (Foresty), 2017 – sekarang.
  • CV. Pari Jaya Makmur (PJM), Pimpinan Perusahaan (Foresty), 2017 – sekarang.
  • PT. Seroja Universum Narwastu (SUN), Pimpinan Perusahaan (Foresty), 2019 – sekarang.
  • PT. Tering Karet Berjaya (TKB). Komisaris Utama (Industri Perkebunan Rakyat), 2015 – sekarang.

TANDA JASA / PENGHARGAAN

  • Partisipasi Penyumbang Dana HUT RI kepada PT. IWJ dari Panpel Kampung Tukul Kec. Tering, tanggal 17 Agustus 2017.
  • Partisipasi Penyumbang Dana HUT RI kepada H. Ahmad Syaiful, SH. dari Panpel Kec. Long Iram, tanggal 17 Agustus 2019.
  • Partisipasi Penyumbang Dana HUT RI kepada H. Ahmad Syaiful, SH. dari Panpel Kampung Tering Seberang Kec. Tering. Tanggal 17 Agustus 2018.
  • Sponsorship Pemprov Kaltim ke-61, hari Bhakti Rimbawan ke-35, Gowes Aniversery ke-6 Kepada PT. TAB dari Dishut Kaltim, tanggal 04 Maret 2018.

SERTIFIKAT DAN DIKLAT

  • Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada KPPD dari BPJS ketenagakerjaan Nasional Jakarta, tanggal 01 Februari 2017.
  • Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada PT. TAB dari BPJS ketenagakerjaan Nasional Jakarta, tanggal 01 Februari 2017.
  • Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) dari Komite Akreditasi Nasional LPHPL PT. Trustindo Prima Karya Samarinda, Tanggal 30 Mei 2018.
Comments

BERITA TERBARU

To Top