METROPOLIS

Gubernur Kalbar Minta Aparat Tindak Tegas Pelaku Pemotongan Dana Bantuan Covid-19

Gubernur Kalbar Sutarmidji. (Foto: Dok Pemprov Kalbar)

PONTIANAK, Kate.id – Sikap keras ditunjukkan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji terhadap pelaku pemotongan dana bantuan bagi masyarakat terdampak pandemi virus corona baru (Covid-19). Dia meminta pihak kepolisian dan kejaksaan untuk tidak menoleransi pelaku pemotongan dana bantuan tersebut.

Dalam hal ini, orang nomor di Kalbar itu meminta aparat berwajib menjalankan mekanisme hukum yang jelas. Ini demi memberikan efek jera kepada pelaku yang mengorupsi dana bansos selama pandemi ini.

“Tidak boleh ada pemotongan apapun. Baik hibah provinsi, bansos dan bantuan apapun namanya tidak boleh. Saya tidak akan toleransi dan tanggung jawab pribadi masing-masing. Saya minta kepada aparat penegak hukum untuk tidak menoleransi hal ini,” sebut Sutarmidji, Kamis (28/5/2020).

Kata dia, hal serupa berlaku untuk penyelenggara rumah ibadah yang memberikan dana bantuan kepada masyarakat. Data rumah ibadah atau lembaga yang kedapatan memotong bantuan untuk masyarakat bakal dicoret. Sehingga mereka tidak boleh menerima bantuan dalam bentuk apapun lagi ke depannya.

Termasuk bagi dinas, Sutarmidji menegaskan bakal melakukan tindakan tegas. Apabila ada dinas yang bermain-main dalam pembagian bantuan itu.

“Lalu kalau dari lembaga, maka lembaganya juga akan saya blacklist dan pelakunya saya akan serahkan kepada aparat penegak hukum,” tegasnya.

Sikap ini dikeluarkan menanggapi pemotongan bantuan yang dilakukan oleh Satuan Kerja (Satker) Perhubungan yang terjadi di Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. Sutarmidji mengaku Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar tidak tahu menahu terkait hal tersebut. Lantaran bantuan itu tersebut langsung dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta dikelola langsung oleh Satker.

Sementara untuk bantuan yang langsung ke provinsi, Sutarmidji meyakinkan bakal tercatat dengan baik, termasuk juga dalam penyalurannya kepada masyarakat. Malahan bantuan yang diberikan melalui jalur Pemprov Kalbar akan diumumkan melalui media.

“Dari mana bantuan tersebut dan bantuannya apa, karena pertanggungjawaban publik itu penting,” tandasnya. (tia)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top