METROPOLIS

Tunjukkan Kepedulian, Edi Damansyah Kunjungi Korban Banjir di Marang Kayu

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, saat menyerahkan bantuan secara langsung korban banjir di Marang Kayu. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Hari raya Idulfitri 1441 H tahun ini bukan waktu untuk berlibur bagi Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah. Malahan di hari kedua Lebaran Idulfitri, Senin (25/5/2020), Edi beserta istri menyempatkan mengunjungi korban kebanjiran di Desa Makarti, Kecamatan Marang Kayu.

Kunjungan itu sebagai bentuk keprihatinan atas musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi di sana. Edi memberikan bantuan sembako kebutuhan pangan dasar serta kebutuhan sekunder lainnya. Sehingga korban kebanjiran terbantu dengan adanya bantuan tersebut. Pemberian bantuan berlangsung secara simbolis di Posko bencana Kantor Desa Makarti.

Edi memberikan semangat kepada seluruh elemen masyarakat dalam menyikapi semua musibah yang terjadi. Menurutnya, hendaklah disikapi dengan arif dan bijaksana. Di balik musibah pasti ada hikmah yang berati didalamnya yang bisa dijadikan pembelajaran hidup sehari-hari.

“Kita harus yakin, di balik kesulitan yang terjadi ini, akan ada kemudahan yang kita dapatkan,” tutur Edi.

Dia berharap kepada masyarakat Kukar, khususnya masyarakat Desa Makarti untuk tetap selalu waspada dan siaga. Akan adanya musibah yang bisa terjadi ke depannya. Yaitu dengan melakukan langkah-langkah pencegahan agar musibah tidak mengakibatkan kerusakan dan kerugian yang lebih besar.

“Kita semua tentunya tidak berharap musibah terjadi pada diri kita. Namun dengan langkah pencegahan dan kesiapsiagaan sejak dini, maka upaya mencegah terjadinya dampak musibah dapat kita minimalisasi dengan baik,” sebut Edi.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat meninjau lokasi bencana banjir di Marang Kayu. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Makarti Salamun menyebutkan, musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayahnya, tepatnya di RT 08 mengakibatkan dua rumah rusak berat/hancur dengan kerugian materi sekira Rp 200 juta. Kemudian 5 rumah rusak sedang dan merendam 450 rumah dengan total kerugian ditaksir sekira Rp 2,5 miliar.

Selain didampingi oleh Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Damansyah dalam menyerahkan bantuan, Edi juga didampingi Sekda Sunggono, Asisten 2 Setkab Sukrawardi, Kadinsos Kukar Didi Ramyadi, Kepala BPBD Marsidik, dan Kabag Kesra Suprianto. Kehadiran pejabat tingkat kabupaten tersebut diterima langsung oleh Camat Marang Kayu Rekson Simanjuntak.

Bantuan kebutuhan pangan dasar bagi korban kebanjiran Makarti yang diberikan berupa mi instan, teh, gula pasir, sarden/kornet, minyak makan, selain itu juga perlengkapan lainnya berupa tikar, paket sandang/pakaian, paket seragam dan perlengkapan sekolah, serta beras. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top