NASIONAL

Hari Raya Idulfitri 1441 H Jatuh pada Ahad 24 Mei 2020

Menteri Agama RI Fachrul Razi saat mengumumkan hasil sidang isbat. (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, Kate.id – Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahad, tanggal 24 Mei 2020. Keputusan ini ditetapkan dalam sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) RI bersama elemen keagamaan Islam terkait, Jumat (22/5/2020).

Dikatakan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, dalam penentuan 1 Syawal 1441 Hijriah, pihaknya menggunakan dua metode. Yaitu hisab dengan perhitungan dan metode rukyat dengan cara melihat langsung hilal.

“Ketinggian hilal di seluruh wilayah indonesia pada posisi di bawah ufuk antara minus 5 derajat 17 menit, sampai dengan minus 3 derajat 58 menit. Ini adalah posisi hilal berdasarkan hisab, sehingga memungkinkan hilal itu bisa dilihat atau tidak,” beber Fachrul.

Kata dia, informasi hitungan hisab telah dikonfirmasi oleh para petugas Kemenag di berbagai daerah. Mereka ditempatkan di 80 titik rukyat di 34 provinsi seluruh wilayah tanah air Indonesia. Dari 80 titik itu semuanya melaporkan tidak melihat hilal.

“Dengan dua hal tadi, yaitu hisab posisi hilal masih di bawah ufuk, kemudian laporan rukyatul hilal tidak melihat hilal, karenanya sidang isbat secara bulat menyatakan bahwa 1 syawal 1441 Hijriah, jatuh pada hari Ahad tanggal 24 Mei 2020,” terang Fachrul.

Fachrul berharap dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam di indonesia akan berhari raya Idulfitri tahun ini secara bersama-sama. Hal ini diharapkan menjadi simbol cerminan kebersmaaan umat Islam indonesia.

“Saya tambahkan informasi bahwa Saudi arabia juga jatuh hari Ahad tanggal 24 Mei 2020,” imbuhnya.

Adapun sidang isbat tahun ini digelar berbeda dengan tahun-tahun sebelummya. Lantaran adanya pandemi virus corona baru (Covid-19). Sehingga sidang isbat dilakukan dengan telekonferensi, dengan pimpinan-pimpinan ormas Islam termasuk media menyaksikan secara virtual sidang isbat ini dari tempatnya masing-masing

“Hal ini kami lakukan tentunya dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19,” tegas Fachrul. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

POPULER

To Top