NASIONAL

Bukan Pengusaha, Pemenang Lelang Motor Jokowi Ternyata Buruh Bangunan

Motor listrik bertanda tangan Jokowi yang dilelang dalam konser amal. (Foto: IG Bambang Soesatyo)

JAKARTA, Kate.id – Pemerintah tampaknya mesti berhati-hati dalam melakukan lelang. Pasalnya, pemenang lelang sepeda motor listrik Gesits bertanda tangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) senilai Rp 2,5 miliar dalam konser amal “Berbagi Kasih Bersama Bimbo” ternyata buruh harian lepas, bukan pengusaha sebagaimana disebutkan sebelumnya.

Hal ini terungkap ketika beberapa instansi dan awak media mendatangi M Nuh (46) pria asal Jambi yang menjadi pemenang lelang sepeda motor tersebut. Diketahui bahwa M Nuh yang tinggal di Kampung Manggis, Kecamatan Pasar, Kota Jambi adalah buruh bangunan, bukan pengusaha.

M Nuh pun sempat diamankan petugas kepolisian dari Polda Jambi. Dari wawancara yang dilakukan polisi, diketahui bila pria tersebut tidak mengetahui proses lelang yang diikutinya. Malahan dia mengira bakal mendapat hadiah dari proses lelang tersebut.

“Yang bersangkutan tidak paham bila acara yang diikuti adalah lelang. Dan yang bersangkutan mengira bakal dapat hadiah, bukannya penyumbang.” jelas Kapolda Jambi Irjen Firman Shantyabudi, Kamis (21/5/2020).

Firman menyatakan, pihaknya tidak melakukan penahanan kepada pria tersebut. Malahan M Nuh yang mendatangi Polda Jambi, melapor dan meminta perlindungan lantaran takut ditagih uang senilai Rp 2,5 miliar.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sendiri meminta agar M Nuh dilepaskan. Kata dia, tidak ada yang dirugikan dalam proses lelang tersebut.

“Tidak ada yang ngerjain. Percayalah pada iktikad dan niat baik,” ujar pria yang karib disapa Bamsoet itu.

Dia menyatakan saat ini sudah ada pemenang baru dari lelang motor listrik bertanda tangan Jokowi tersebut. Karena peminat motor listrik Gesits milik presiden sangat banyak. Bahkan, ada yang ngebit di batas Rp 2,55 miliar setelah mendengar M Nuh yang mengaku pengusaha asal Jambi itu mundur.

Menurut Bamsoet, pemenang lelang baru sejatinya sudah ada sejak kemarin. Namun, dia tak ingin langsung mengumumkan lantaran di saat yang sama sedang ada hari besar Kenaikan Isa Almasih.

Pun demikian, Bamsoet enggan mempermasalahan sikap M Nuh yang ternyata salah paham. Kata dia, tidak ada yang merasa dirugikan dalam kasus tersebut.

“Hadapi dengan senyuman. Karena kami sendiri merasa tidak ada masalah. Tidak ada yang di rugikan,” pungkasnya.

Diketahui, lelang dilakukan secara virtual dalam momen konser amal untuk para pekerja seni yang terkena dampak pandemi virus corona (Covid-19). M Nuh menelepon dan mengaku sebagai pengusaha lantas memberikan penawaran tertinggi Rp 2,5 miliar dalam lelang tersebut. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top