SELEB

Plesetkan Marga Latuconsina, Andre Taulany dan Rina Nose Dipolisikan

Andre Taulany dan Rina Nose dalam tayangan di NET TV. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA, Kate.id – Komedian Andre Taulany dan Rina Nose berurusan dengan pihak berwajib. Gara-garanya, kedua selebritis yang juga presenter ini memplesetkan nama marga dari aktris cantik Prilly Latuconsina dalam salah satu tayangan di NET TV, Ahad (17/5/2020).

Tak dinyana, plesetan yang niatnya sekadar bercanda itu memantik murka dari keluarga besar marga Latuconsina. Ruswan Latuconsina, salah seorang warga bermarga Latuconsina mengaku tak senang dengan plesetan tersebut dan melaporkan kedua komedian itu ke Polda Metro Jaya.

Kepada awak media, Ruswan mengaku menjadi perwakilan kemarahan warga yang memiliki marga Latuconsina. Kata dia, warga dengan marga Latuconsina itu tidak suka dengan candaan Andre dan Rina yang diduga telah menghina marganya meski menyebut nama Prilly Latuconsina.

“Dari pihak keluarga dari Ambon juga semua sudah satu suara untuk melaporkan yang bersangkutan,” kata Ruswan.

Pihaknya mengaku punya bukti kuat untuk bisa menyeret Andre dan Rina ke dalam penjara atas dugaan penghinaan tersebut. Yaitu rekaman video saat Andre dan Rina memplesetkan nama marga mereka.

“Itu sangat jelas dan kita punya saksi dua orang yang menonton dan menyaksikan itu video kan,” bebernya.

Kata Ruswan, pihaknya tidak akan mempermasalahkan apabila Andre dan Rina sekadar memperolok Prilly tanpa menyebut marga. Namun lantaran nama marga yang diplesetkan, maka ceritanya menjadi lain.

“Kami menunggu pihak penyidik untuk dimintai keterangan pelapor dan saksi kan. Setelah itu baru dipanggil pihak terlapornya,” ungkap Ruswan.

Prilly Latuconsina. (Foto: Instagram)

Sementara itu Prilly Latuconsina yang menjadi objek candaan Andre dan Rina Nose mengaku tahu tentang kejadian tersebut. Dia paham bila tujuan Andre dan Rina Nose hanya untuk bercanda tanpa ada niat untuk melecehkan ataupun menjelekkan marga Latuconsina.

“Aku tahu banget, Kak Rina Nose dan Pak Andre itu memang tidak punya niat sama sekali untuk meledek. Apalagi mereka juga enggak tahu kalau Latuconsina itu adalah nama keluarga,” tutur Prilly.

Dia lantas menguraikan bila Latuconsina adalah marga keluarga. Sehingga nama marga keluarga tentu memiliki kesakralan masing-masing. Maka wajar bila ada beberapa orang yang menggunakan marga Latuconsina tak terima dan mengecam tindakan keduanya.

“Sebenarnya Latuconsina itu bukan satu-satunya marga. Ada marga Latu lain, jadi mungkin marga Latu lain tersinggung juga,” sebut pelakon dalam film Danur itu.

Pun demikian, dia telah mendengar penjelasan dari Andre dan Rina terkait dugaan pelecehan marga Latuconsina. Saat itu Prilly diundang dalam acara tersebut dan mendengar langsung penjelasan dari Andre serta Rina bahwa keduanya hanya bercanda.

“Sebelum kejadian justru aku jadi bintang tamu. Pas udah sampe sana, orang NET-nya ngomong ternyata ada kejadian ini. Wah ternyata, ‘oh iya ya’ gitu. Yaudah akhirnya minta maaf,” terangnya.

Terkait laporan dari pemilik marga Latuconsina lainnya, Prilly memilih untuk memaafkan, khususnya pada suasana Ramadan seperti saat ini.

Rina Mengaku Tak Tahu Nama Marga

Menyadari lawakannya berujung kontroversi, Rina Nose mengaku terkejut. Dia tak menyangka pelesetan yang dia lontarkan kemudian menyinggung sebagian pihak. Mirisnya, komedian perempuan itu rupanya tak tahu bahwa Latuconsina merupakan salah satu nama marga.

“Malah saya kira nama belakang Prilly, Latuconsina itu nama bule Indo, gitu. Jadi murni dari ketidaktahuan saya dan kami berdua,” sebut Rina.

Karena itu, dia sama sekali tak punya niatan untuk melecehkan atau menghina pihak mana pun. Kata Rina, menegaskan tak ada unsur kesengajaan sedikit pun untuk melecehkan suatu marga. Malahan Rina angsung menelusuri marga terkait.

Dia lantas menyampaikan permohonan maaf kepada para pihak yang merasa tersinggung dengan celotehannya dengan Andre tersebut. Rina memahami kekecewaan para pemilik marga tersebut.

“Kepada seluruh masyarakat yang bersangkutan, khususnya masyarakat Ambon/Maluku, pemilik nama marga tersebut, saya, kami sangat menyesal dan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini,” tegas Rina.

Bukan hanya Rina, Andre Taulany juga menyampaikan permohonan maaf dan menyatakan tidak bermaksud menyinggung marga tertentu. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top