METROPOLIS

Pemkot Balikpapan Kembali Menerima 90 Koli APD dari Pusat

BALIKPAPAN, Kate.id – Pemkot Balikpapan kembali menerima sebanyak 90 koli APD (alat pelindung diri) dari pemerintah pusat, Senin (18/5/2020). Penyerahan sebanyak 4.500 pcs APD tersebut, turut disaksikan Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan, Syaiful Bahri, Kepala Satpol PP Zulkifli dan Kepala Dinas Sosial Balikpapan Purnomo.

Turut hadir, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel I Gusti Agung Putu Sujarnawa menyerahkan bantuan itu kepada Direktur RS Kanudjoso Djatiwibowo, dr. Edy ISkandar, di Base Ops. Lanud Dhomber Balikpapan.

Direktur RSKD dr. Edy Iskandar mengatakan, bantuan APD dari pusat sampai saat terbilang lancar, karena hampir setiap minggu bantuan selalu datang.

“Keluhan kekurangan APD bagi tenaga medis yang ada di kabupaten/kota di Kaltim juga mulai berkurang seiring terpenuhinya kuota kebutuhan APD yang ada saat ini,” ungkap Edy.

Ia menegaskan, meski pembagian APD nantinya akan berubah, dikarenakan angka positif Covid-19 yang ada di Kota Balikpapan mulai berkurang. Akan diberikan kepada kabupaten/kota lain yang jumlah pasiennya meningkat.

Selanjutnya ia menyampaikan, untuk tes uji spesimen swab sudah bisa dilakukan dengan alat TCM (tes cepat molekuler) yang ada di RSKD dan PCR (Polymerase Chain Reaction) di RS Pertamina Balikpapan.

“Termasuk juga PCR di Dinas Kesehatan Provinsi dengan jumlah reagen mencapai 99 ribu,” ungkapnya. (sk)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top