METROPOLIS

Membanggakan Kutai Kartanegara, MGRM Jadi BUMD Terbaik 2020

Bupati Kukar Edi Damansyah (kiri) dan CEO MGRM Iwan Ratman. (Foto: ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Lembaga Institute Otonomi Daerah(I-Otda) bersama media nasional Top Bisnis, telah melakukan riset terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Indonesia yang memiliki kinerja sangat baik. Dari riset tersebut, terpilihlah BUMD milik Pemkab Kukar PT Mahakam Gerbang Raja Migas (MGRM) meraih Top BUMD Award.

Tidak ketinggalan juga penilaian diberikan kepada Bupati Kukar Edi Damansyah selaku pembina MGRM sebagai Top Pembina BUMD serta sang CEO Iwan Ratman sebagai Top CEO BUMD.

Penghargaan akan diberikan, pada acara puncak penyerahan award, sekira 16 Juli 2020 nanti di Jakarta. Acara ini akan dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin serta Mendagri Tito Karnavian sebagai Keynote Speech.

Terkait prestasi ini, Bupati Kukar Edi Damansyah mengaku bangga. Apalagi usia MGRM terbilang muda jika dibandingkan dengan BUMD milik Pemkab Kukar yang lain. Meski saat ini usaha MGRM baru sebatas mengelola Partisipating Interest (PI) 10 persen Blok Mahakam.

“Saya mengapresiasi kinerja MGRM. Terus tingkatkan investasi, sebagai bagian pengembangan usaha non migas,” tutur Edi.

Dia menyarankan dalam pengembangan usaha lainnya harus terus menjalin komunikasi dengan stakeholder terkait. Tidak lupa membangun kerja sama dengan perusahaan yang global dan multi usaha agar semakin berkembang.

“Saya juga mengamanatkan Direksi MGRM agar bisa melibatkan UMKM yang ada di Kukar. Jadi kehadiran MGRM dinantikan para UMKM untuk saling terlibat dan menguntungkan,” pinta Bupati.

Sementara itu, CEO MGRM Iwan Ratman menyatakan, prestasi dan penghargaan yang diterima perusahaan yang dipimpinnya merupakan hasil kerja nyata seluruh karyawan. Dia mengucapkan terima kasih kepada VP, sekretaris perusahaan, para manajer dan pekerja.

“Penghargaan yang didapat juga, jangan membuat kita sombong. Sehingga melupakan ketentuan Allah yang sudah digariskan, bahkan Allah bisa menambahkan rezeki-Nya kepada MGRM,” kata Iwan.

Pria yang sudah berpengalaman berkarier di perusahaan bidang migas nasional dan global itu mengajak semua pihak lebih banyak bersyukur. Agar mendapat tambahan limpahan rezeki dari Tuhan yang Maha Esa. Sehingga ke depannya MGRM akan semakin baik lagi pencapaian kinerjanya.

Untuk diketahui, lembaga I-Otda tidak sembarangan menentukan pilihan dan memberikan reward kepada BUMD berkinerja sangat baik. Dilakukan riset secara mendalam, melalui kuesioner dan pendalaman materi.

Riset dilakukan kepada 1.149 BUMD se-Indonesia hingga terseleksi BUMD berkinerja sangat baik. Serta siapa pembina dan CEO yang terbaik dalam menjalankan fungsinya sebagai pimpinan lembaga.

I-Otda memberikan bintang 4 kepada MGRM yang memiliki predikat sangat baik. Seperti memiliki pencapaian kinerja yang baik, kepemimpinan dan manajemen yang baik, telah melakukan Inovasi, serta memiliki peran penting dalam pembangunan daerah

Untuk mendapatkan reward dari I-Otda juga melewati ujian. Pendalaman materi yang diuji delapan guru besar sekelas profesor di Indonesia yang diketuai Prof Djohermansyah Djohan. Dengan anggota di antaranya Prof Siti Zuhro MA, Prof Laode Macihu Kamaludin yang juga mantan Ketua Forum Rektor Indonesia. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top