SELEB

Komplikasi Kanker Usus, Aktor Senior Henky Solaiman Tutup Usia

Henky Solaiman semasa hidup. (Foto: IG @ opahenky)

JAKARTA, Kate.id – Jagat hiburan tanah air kembali berduka. Jumat (15/5/2020), aktor senior Henky Solaiman tutup usia pada umur 78 tahun. Pria bernama lahir Ong Han Kie itu meninggal sekira pukul 16.40 WIB di kediamannya di daerah Kedoya, Jakarta Barat.

Keponakan Henky, Norman Solaiman mengungkapkan sang paman meninggal akibat komplikasi usai menjalani operasi kanker usus.

“Kanker usus, sudah lama sejak operasi sekitar 14 Maret ya. sekitar itulah. Tapi karena udah tua kan jadi komplikasi dan sampai sekarang. Kondisi terakhir ya memang setelah dari RS tidak ada kemajuan ya, minta pulang jadi kita bawa pulang,” kata Norman.

Menurut dia, Henky meninggal dalam keadaan damai. Pasalnya sebelum meninggal Henky sempat berpamitan pada anak-anaknya. “Anak-anak dua kan memang di Jakarta, satu lagi ada di Swedia. Tapi udah pamit kok, jadi meninggalnya tenang,” sebutnya.

Kepergian pria yang belakangan bermain sinetron ‘Dunia Terbalik’ itu tak pelak insan perfilman mengutarakan kesedihan atas kepergian aktor yang telah aktif di industri film sejak era 1970-an. Salah satunya sutradara kondang Joko Anwar dalam cuitannya di Twitter.

“Selamat jalan Om Henky Solaiman. Makasih untuk semua film dan inspirasinya. Semoga Indonesia bisa punya banyak aktor hebat seperti Om. Istirahat yang tenang ya, Om,” cuit Joko.

Henky Solaiman lahir di Bandung pada 30 Agustus 1941. Selain menjadi aktor, dia juga juga menyutradarai sederet film yang sebagian besar tayang pada 1980-an. Jejaknya di industri film lantas diikuti putranya, Verdi Solaiman yang juga aktif sebagai aktor.

Pada Maret 2020, Henky dikabarkan butuh bantuan donor darah setelah menjalani operasi pengangkatan tumor. (ant)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top