POLITIK

Ketua DPRD Berharap Chairil Segera Dilantik Jadi Wabup Kutai Kartanegara

Penandatangan berita acara pemilihan wabup kukar yang meloloskan Chairil Anwar di sidang paripurna DPRD kukar, Selasa (5/5/2020) pagi. (Foto: hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – DPRD sangat berharap sosok Chairil Anwar segera dilantik menjadi Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar). Setelah sebelumnya Chairil terpilih saat sidang paripurna ke-3 DPRD Kukar, Selasa (5/5/2020) yang lalu.

Chairil akan mengisi posisi wabup yang lama kosong, untuk masa sisa periode 2016-2021. Dia bakal menemani kerja Bupati Edi Damansyah.

“Harapan saya Pak Chairil segera dilantik dan resmi menjabat Wabup Kukar,” tegas Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid.

Dia beralasan, penanganan pandemi virus corona baru (Covid-19) sangat berat. Karenanya Bupati Kukar Edi Damansyah perlu dibantu oleh Wabup, dalam menanganinya. Dalam hal ini, DPRD mengapresiasi komitmen Chairil yang ingin membangun komunikasi yang baik bersama DPRD sebagai, mitra kerja Pemkab Kukar.

“Saya sangat mengapresiasi Pak Chairil sebagai Wabup, yang ingin bersinergi dengan DPRD Kukar dalam menjalankan pembangunan,” jelasnya.

Bagi Rasid, Chairil bukan sosok orang baru. Selain sudah lama berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN) hingga pensiun, Chairil juga pernah menjabat sebagai PJ Bupati Kukar 2015 yang lalu.

“Saya berharap Chairil segera dilantik secara resmi. Meski saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, dengan pembatasan-pembatasan gerak, kita berharap prosesnya tidak ada kendala lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Edi Damansyah mengemukakan hal yang sama yaitu berharap Chairil segera dilantik. Bahkan Edi mengaku dirinya sudah meneken berkas permohonan pelantikan Wabup.

“Berkasnya sudah saya teken kok, tiga hari yang lalu. Dan kemungkinan sudah berproses di Pemprov,” kata Edi.

Masih menurut Edi, ketika berkas sudah sampai ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, maka sudah menjadi wewenang di tingkat provinsi untuk mengurus sampai ke Mendagri. Jika Chairil dilantik secara resmi jadi Wabup, dirinya akan terasa ringan menjalankan pemerintahan.

“Mudah-mudahan beliau (Chairil, Red.) bisa menjalankan amanah. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai Wabup. Kerja saya akan terbantu, walau selama menjalankan sendiri, pemerintahan tetap berjalan normal tanpa kendala,” tutur Edi.

Sementara itu, Chairil menjelaskan, kemungkinan dirinya tidak bisa dilantik dalam waktu cepat. Dengan pertimbangan pandemi Covid-19 masih berlangsung di indonesia. Di mana mobilisasi antar daerah ke daerah yang lain ada pembatasan, demi menghindari penyebaran virus corona.

“Kemungkinan, pelantikannya di bulan Juni mendatang, kalau bulan ini (Mei, Red.) tidak bisa,” ungkapnya.

Chairil mengakui dirinya siap membantu Bupati Kukar dalam penanganan Covid-19. Yang pastinya lebih berat dalam penanganannya.

“Yang terberat yang bakal kita jalani. Penanganan ekonomi dampak dari Covid-19, banyak pendapatan masyarakat yang menurun dan ini sangat riskan dalam kondisi sekarang. Jika kita tidak carikan solusinya, secara bersama-sama,” pungkas Chairil. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

POPULER

To Top