METROPOLIS

4.000 Paket Sembako Senilai Rp 500 Juta dari Baznas Samarinda Mulai Didistribusikan

SAMARINDA, Kate.id – Sebanyak 4.000 paket sembako senilai total sekitar Rp 500 juta dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Samarinda kepada fakir miskin dan terdampak Covid-19 mulai didistribusikan.

“Hari ini penyerahan simbolis sembako dari Baznas Kota Samarinda kepada warga Samarinda yang memang memerlukan. Saya minta camat juga memantau agar tidak ada yang tertinggal. Apalagi ini diperuntukkan bagi mereka fakir miskin dan terdampak Covid-19 yang belum mendapatkan bantuan sama sekali,” ucap Walikota Samarinda, Syaharie Jaang dalam sambutannya pada penyerahan simbolis di halaman Musholla Al-Amin, Rumah Jabatan Walikota, Jumat (15/5).

Walikota mengingatkan pula agar tidak sampai double yang menerima bantuan. Jaang juga mengapresiasi kegiatan Baznas ini. “Kalau dipublikasikan atau difoto-foto bukan riya. Kecuali bantuan personal baru riya. Kalau ini kan wujud transparansi yang warga wajib tahu,” ucap Jaang.

Dia juga menghimbau kepada seluruh jajaran ASN, BUMD dan perusahaan di lingkup Kota Samarinda agar membayar zakat melalui Baznas Kota Samarinda.

Terkait bantuan ini, Jaang menyampaikan terima kasih kepada Baznas Kota Samarinda karena ini sangat penting melihat kondisi sekarang di masa pandemi Covid-19.

“Dampaknya ada yang mendadak tidak mendapat penghasilan tetap, mungkin ada pekerja-pekerja informal yang rutin dapat pekerjaan atau yang bekerja di suatu perusahaan-perusahaan kecil bahkan yang besar pun saat sekarang ini yang dirumahkan bahkan ada yang diberhentikan sementara tidak mendapat penghasilan,” beber Jaang.

Oleh karena itu dengan beberapa bantuan-bantuan, program nasional, presiden, bantuan langsung Pemerintah Kota juga pihak swasta, bahkan sumbangan dari ASN Pemkot yang tunjangannya dipotong, serta dari Baznas diharapkan Jaang tidak ada lagi yang tertinggal atau tidak kebagian bantuan.

“Walaupun ada yang tertinggal, kami sekarang sedang mendata dan menverifikasi data. Insya Allah akan ada lagi bantuan dari Pemkot. Jadi dengan ini sisi-sisi tertinggal yang tadi bolong, semoga semua tersambung. Itu harapan saya,” ungkap Jaang.

Sementara Ketua Baznas Samarinda, Rusfauzi mengatakan bantuan sembako akan dibagikan di 10 kecamatan, 59 kelurahan se-Kota Samarinda dengan harapan yang belum sempat dapat bantuan dari yang lain, kali ini dapat. “Untuk pembagian kita bekerjasama dengan kecamatan, sehingga benar-benar terdata dan terbagi dengan baik,” pungkasnya.

Dikatakannya selain 4.000 paket untuk fakir miskin dan terdampak Covid-19, dalam waktu dekat giliran petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup sebanyak 1.600 paket. Penyerahan simbolis ini dihadiri pula Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati, Kepala Kemenag Samarinda Masdar Amin dan Kepala Bagian Kesra Abdul Jami, serta camat. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top