SELEB

Puasa Ramadan Bareng Adik, Ayana Moon Rindukan Ayam Penyet

Ayana Moon. (Foto: IG @xolovelyayana)

Kate.id – Ramadan kali ini terasa berbeda bagi selebgram asal Korea Selatan yang berkarier di Indonesia, Ayana Jihye Moon. Dia mengaku bahagia karena bisa menjalani puasa Ramadan secara berbeda tahun ini.

Pasalnya, Ayana tak lagi sendirian melaksanakan kewajiban umat Islam di seluruh dunia itu dalam lingkungan keluarganya. Lantaran adik Ayana, Aydin Moon resmi menjadi mualaf pada Mei 2019, menjadikannya anggota keluarga kedua Ayana yang memeluk Islam.

“Saya senang karena adik saya masuk Islam tahun lalu. Sekarang saya Ramadan bersama adik saya,” kata Ayana, Jumat (15/5/2020).

Bersama sang adik, Ayana sekarang bisa mengaji bersama dan saling membantu menjalani ibadah puasa. Kata dia, menjalani Ramadan sangat berbeda kalau sendiri.

“Kalau ada adik bisa lebih bagus, saling membantu, mengaji bersama,” sebut Ayana yang menjalani puasa tahun ini di Korea Selatan itu.

Di sisi lain, anggota keluarga Ayana juga mulai terbiasa menghormati orang yang berpuasa. Misalnya tak ada lagi makan dan minum di depan Ayana.

“Biasanya saya sendirian di keluarga, kadang ibu saya makan di depan saya. Tetapi sekarang enggak bisa,” ungkap Ayana.

Tidak seperti di Indonesia, dia bertutur bila masyarakat di Korea Selatan saat ini sudah diperbolehkan bebas ke luar rumah bahkan untuk sekedar berjalan-jalan. Karena Korea Selatan sudah aman dari pandemi virus corona baru (Covid-19).

“Ramadan tahun ini memang susah dari tahun lalu. Tetapi di Korea, corona virus sudah aman. Kami bisa keluar, jalan-jalan, bertemu teman. Alhamdulillah,” sebutnya.

Namun demikian karena dia sekarang berada di Seoul, Korea Selatan, Ayana mengaku merindukan berbagai hal khas Indonesia. Salah satunya hidangan ayam penyet.

“Saya kangen masakan Indonesia. Saya suka cumi hitam cabai hijau dan ayam penyet,” beber Ayana.

Menurut dia, di Korea dia berbuka puasa dan sahur dengan makanan apa saja yang dia inginkan. Misalnya ceker dan bubur ayam yang dimasaknya sendiri.

Melalui laman Instagramnya, dia pernah mengunggah foto kebersamaannya dengan sang adik, Aydin Moon yang tahun lalu memeluk Islam saat memasak bersama hidangan berbuka puasa.

Ayana mengaku menghindari makanan olahan, junk food karena menyadari pentingnya kesehatan tubuhnya. Kemudian, untuk melengkapi cairan tubuhnya yang hilang selama berpuasa, gadis belia ini mengonsumsi minuman isotonik saat sahur dan setelah berbuka puasa. (ant)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top