GAME

Janjikan GTA V Gratis, Epic Games Store Tumbang

Cuplikan GTA V. (Foto: Rockstars)

Kate.id – Rencana penggratisan game Grand Theft Auto (GTA) V di layanan toko video game digital, Epic Games Store tampaknya berbuntut panjang. Platform dari Epic Games tersebut tumbang sejak Kamis (14/5/2020) malam hingga Jumat (15/5/2020) pagi.

Halaman platform toko game untuk komputer ini menampilkan tulisan bahwa layanan sedang error. Alhasil, para gamer tidak bisa mengakses game dan akun mereka di Epic Games Store.

Tumbangnya salah satu layanan game digital terbesar di dunia itu diduga kuat lantaran oleh banyaknya gamer yang berlomba mendapatkan game GTA V gratis. Rumor mengenai game buatan Rockstar Games 2013 ini dirilis gratis memang sudah santer terdengar. Sampai-sampai Epic Games mesti menghapus konten promosi di media sosial untuk meredam gejolak para gamer.

The Verge melaporkan, Epic Games Store semalam sempat masih bisa diakses. Menjelang tanggal 15 Mei 2020 waktu lokal, game GTA V mulai tersedia di layanan tersebut. Tetapi kemudian dikabarkan trafik yang ramai ternyata cukup membebani server Epic Games Store.

“Saat ini kami sedang mengalami trafik yang tinggi di Epic Games Store. Kami menyadari bahwa pengguna mungkin mengalami loading yang lambat, 500 errors, atau launcher mengalami crash dan saat ini kami sedang terus bekerja untuk memperbesar skala layanannya,” tulis akun Twitter Epic Games.

Sebelumnya beredar unggahan berupa bocoran cuitan akun Twitter Epic Games Store yang sudah dihapus. Hal tersebut membuat gamer semakin yakin bahwa GTA V akan tersedia gratis di platform pesaing Steam tersebut. Game ini bisa diklaim mulai dari tanggal 15-22 Mei 2020 waktu Indonesia.

Tumbangnya server disebut ikut berimbas pada game Fortnite yang merupakan buatan Epic Games di platform PC Windows dan PC MacOS. Konon akses terhadap game online populer itu juga ikut mengalami masalah. Sebagaimana diumumkan akun Twitter @Fortnite Status.

Pun demikian, masalah juga dirasakan pada game mobile Battle Breakers milik Epic Games. Artinya, server yang tumbang ini terhubung ke seluruh game buatan Epic Games. Hal ini sangat disayangkan mengingat Epic Games bukan lagi developer kecil melainkan sudah berskala publisher.

GTA V di Epic Games Store sendiri bakal menawarkan versi Premium Edition. Di dalamnya langsung tersedia paket GTA Online dan beragam konten atau update DLC yang pernah dirilis sejak lama hingga saat ini. (med)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top