METROPOLIS

Mulai 16 Mei, Tiga Kabupaten Kota di Kalsel Resmi Terapkan PSBB

Ketua Harian Tim GTPP Covid-19 Kalsel, Abdul Haris (Dok. MC Kalsel)

BANJARBARU, Kate.id – Tiga kabupaten kota di provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai Sabtu 16 Mei mendatang akan resmi menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ketiga daerah tersebut yaitu di Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Kota Banjarbaru.

Keputusan tersebut menindaklanjuti Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang PSBB untuk tiga daerah tersebut yang ditetapkan pada tanggal 11 Mei lalu.

Hasilnya, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel menetapkan penerapan tersebut akan mulai dilakukan pada 16 Mei mendatang, setelah menggelar rapat koordinasi dengan Tim GTPP Covid-19 dari ketiga daerah tersebut.

Ketua Harian Tim GTPP Covid-19 Kalsel, Abdul Haris, mengatakan, ketiga daerah tersebut sudah mempersiapkan berbagai hal, baik itu dari sektor kesehatan, pengamanan sampai jaring pengaman sosial, guna memperlancar pelaksanaan PSBB.

“Hari ini, kami melakukan pertemuan dengan tim Gugus Tugas dari tiga daerah yang akan melaksanakan PSBB, Alhamdulillah mereka sudah siap semua baik dari hal yang bersifat teknis maupun non teknis termasuk pengamanan selama PSBB tersebut,” kata Haris, Rabu (13/5/2020) sore.

Dikatakannya, dari pertemuan itu telah disepakati bahwa pelaksanaan PSBB di tiga kabupaten/kota tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Mei 2020 pukul 00:01 WITA.

“Sebelum tanggal 16, kami minta untuk melakukan sosialisasi dan melakukan persiapan seperti pendirian posko pengamanan,”lanjutnya.

Ia menegaskan, PSBB merupakan upaya pemerintah untuk mendisiplinkan masyarakat agar penyebaran Covid-19 yang semakin masif bisa dihentikan. Tentunya, pemerintah perlu dukungan dan kerjasama dari masyarakat, sehingga tujuan dari PSBB tersebut bisa dicapai.

“Dalam pelaksanaan PSBB perlu kedisiplinan kita semua untuk melaksanakan protokol Covid-19. Pelaksanaannya juga harus lebih baik dan lebih ketat lagi. Oleh karenanya, Keterlibatan masyarakat juga sangat penting,”tambahnya. (mas)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top