METROPOLIS

Lima Pasien Covid-19 di Penajam Sembuh, Total Kasus Sembuh di Kaltim Jadi 46 Orang

ILUSTRASI PASIEN SEMBUH COVID-19 (DOK. ISTIMEWA)

SAMARINDA, Kate.id – Kabar gembira disampaikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Timur (Kaltim). Data per Rabu 13 Mei 2020, ada penambahan lima pasien sembuh. Semua berasal dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Terkonfirmasi Covid-19 yang sembuh hari ini kami terima informasi ada lima berasal dari PPU,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak saat video conference Penanganan Covid-19 di Kaltim, Rabu (13/5/2020).

Seluruh pasien tersebut, kata dia, dinyatakan sembuh setelah hasil laboratorium BBLK Surabaya yang telah dua kali menunjukan hasil negatif. Serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid- 19 tersebut, menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

Yaitu kasus PPU 5 (laki-laki 45 tahun) perjalanan Gowa dirawat sejak 4 April. Kasus PPU 6 (laki-laki 45 tahun) klaster Gowa dirawat 6 April. Pasien sembuh lainnya, kasus PPU 12 (laki-laki 55 tahun) perjalanan dari Gowa dirawat sejak 7 April. Kasus PPU 13 (wanita 28 tahun) kontak erat dari PPU 1 klaster Gowa dirawat 20 April, serta kasus PPU 14 (laki-laki 41 tahun) klaster Gowa dirawat sejak 8 April 2020. Mereka terkonfirmasi sembuh setelah menjalani perawatan intensif di RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU.

Kabar ini pun menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim ini, menjadi kabar gembira di tengah upaya yang terus dilakukan pemerintah melalui Gugus Tugas bersama tim medis dalam memerangi pandemi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan yang juga Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak

Namun di tengah kabar baik tersebut, Andi menyebutkan, terdapat dua kasus positif Covid-19 baru di Kaltim. Keduanya berasal dari Balikpapan. Dengan kode BPN 44 laki-laki 60 tahun yang sebelumnya berstatus PDP karena memiliki kontak erat dengan BPN 22 sebagai pelaku perjalanan dari Jakarta. Pasien tengah dirawat di RST DR R Hardjanto Balikpapan. 

Kemudian pasien kode BPN 45, laki-laki 27 tahun yang merupakan PDP dari kluster anak buah kapal, memiliki riwayat kontak erat dengan kasus BPN 36, BPN 37, dan BPN 42 dengan hasil rapid test reaktif. Pasien tersebut dirawat di RSUD Beriman Balikpapan sejak 8 mei 2020.

“Sehingga total terkonfirmasi positif hingga hari ini di Kaltim sebanyak 230 kasus, sedangkan yang masih dalam proses menunggu hasil uji lab sebanyak 196 kasus,” ucapnya.

Sementara untuk kasus orang dalam pemantauan (ODP) bertambah 63 kasus sehingga total kumulatif menjadi 9.015 kasus. Dari jumlah tersebut yang sudah selesai pemantauan terbaru sebanyak dua kasus, dengan keseluruhan menjadi 8.297 kasus. Sedangkan yang masih dalam proses pemantauan hingga kini 718 kasus.

Sementara itu untuk pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah 17 kasus yang semuanya berasal dari Balikpapan. Sehingga total PDP akumulatif menjadi 708 kasus. Sedangkan PDP dengan hasil negatif sebanyak 13 kasus. Mereka berasal dari Kabupaten Berau dan Kota Samarinda masing-masing empat kasus. Dan Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Bontang dan Balikpapan masing-masing satu kasus. Sehingga total negatif akumulatif menjadi 281 kasus. 

Sedangkan total keseluruhan kasus Covid-19 di Kaltim positif sebanyak 230 kasus, dan masih dalam proses 196 kasus, sembuh 46 kasus dan meninggal tiga kasus. (lim)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top