POLITIK

DPRD Kutai Kartanegara Serap Aspirasi Warga Kenohan

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid (kanan), saat menyerap aspirasi masyarakat di kecamatan Kenohan, belum lama ini. (Foto: Humas DPRD Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Belum lama ini, Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid menyinggahi Kecamatan Kenohan untuk menemui satgas virus corona baru (Covid-19) di sana. Bukan sekadar kunjungan, Rasid juga melakukan aksi sosial menyerahkan ratusan masker dan melakukan dialog dengan aparat Kecamatan Muspikam, Kepala Desa, Ketua BPD, serta tokoh-tokoh masyarakat.

Dalam kunjungan itu, Rasid menuturkan dirinya selaku Ketua DPRD Kukar, bersama Wakil Ketua DPRD, Ketua Fraksi, Ketua Komisi dan beberapa AKD di DPRD, sudah melakukan rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kukar. Terkait Pencegahan dan Penanganan Covid-19 bahwa DPRD sangat komitmen dan mendukung, apa yang bisa disinergikan dan bergandengan tangan agar Covid-19 tidak semakin menyebar.

“Selaku lembaga wakil rakyat, dalam pantauan saya kebijakan pemerintah pusat dan daerah sudah dijalankan. Harapannya meminimalisasi penyebaran Covid-19,” tegas Rasid.

Dia juga sudah memberikan saran dan masukan kepada TAPD yang pada prinsipnya DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar sudah satu kesatuan dalam penanggulangan Covid-19 di Kukar.

“Pemkab sudah berusaha agar semua bisa terbebas dari virus. Seperti mengarantina pelaku perjalanan hingga membuat posko Covid-19 di desa. Ini patut kita syukuri,” jelas Rasid.

Dirinya juga sudah menyampaikan secara langsung apa yang menjadi keluhan masyarakat Kenohan. Yaitu masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas hilir mudik. Pasar malam ditutup sementara, pedagang asongan, pedagang bakso tidak bisa jualan, tidak bisa melakukan salat Jumat dan kegiatan keagamaan lain.

“DPRD dan Pemkab sudah sepakat mengalokasikan anggaran APBD untuk membantu pemberian sembako kepada masyarakat, atau kebijakan lainnya yang pro rakyat. Sedikit banyak bisa membantu dan meringankan beban hidup masyarakat,” tutur Rasid.

Hal senada disampaikan anggota DPRD Kukar Dapil Hulu, Miftahul Jannah. Dirinya mengaku sangat banyak mendapatkan laporan masyarakat yang tidak bisa beraktivitas lagi di luar dan lebih banyak berdiam di rumah.

“Masyarakat sudah bosan berdiam di rumah. Inginnya bisa bekerja lagi, agar ada tambahan penghasilan,” ujarnya.

Karena itu Miftahul meminta bantuan sembako dalam proses penyaluran jangan sampai salah sasaran. Perlu pengawalan-pengawalan ketat dari aparat terkait karena ini kegiatan sosial yang rentan disalahgunakan.

“Kami juga mengapresiasi rencana pemberian insentif untuk memotivasi dokter, petugas-petugas kesehatan lainnya pada saat ini yang mempertaruhkan nyawanya dalam rangka untuk membantu rekan-rekan kita yang terjangkit virus corona. Kami semua anggota DPRD sangat setuju dan harus diberikan,” sebut Miftahul. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top