METROPOLIS

Omzet Terjun Bebas, Pengusaha dari Kutai Kartanegara Ini Tetap Bersedekah Takjil Gratis

Tiga anak sangat senang saat menerima takjil yang disiapkan owner Teh Serai Sri. (Foto: ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Teh Serai Tenggarong, merupakan salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terkena dampak penyebaran virus corona baru (Covid-19). Pendapatan menurun bahkan mencapai 90 persen.

Meski begitu, pemilik Teh Serai, Sri, tetap menjalankan prinsipnya untuk terus bersedekah. Setiap harinya dia menyiapkan takjil atau menu pembuka puasa, yang diletakkan di depan kedai teh serai miliknya di daerah Kelurahan Jahab, Tenggarong.

Menariknya, tidak ada pengelompokan khusus bagi orang yang mau mengambil takjil yang disiapkan. Siapa saja boleh mengambil secara gratis.

Takjil gratis dari Sri untuk semua orang. (Foto: ist)

“Kami sadari, pelaku UMKM banyak yang turun pendapatan saat pandemi ini. Namun masih ada masyarakat yang kesusahan untuk mencari kebutuhan pokok makan, saatnya kami berbagi antarsesama,” jelasnya.

Sri bercerita, sebelum masa Covid-19 usahanya sanggup memproduksi 200 kotak teh serai per hari. Sejak pandemi, produksinya turun drastis, hanya mampu menghasilkan 20 kotak saja. Itu pun masih dibantu keluarganya.

Kebijakan merumahkan para karyawan harus ditempuh Sri meski berat, karena menyangkut perekonomian keluarga orang. Permintaan teh serai masih ada walau sedikit, namun tetap disyukuri.

Bukan hanya merumahkan karyawan kebijakan yang diambil Sri, dia juga menyetop pasokan serai selaku bahan pokok utama produksi. Pasokan dari para petani serai yang selama ini bekerja sama dengan baik bersama dirinya agar produk unggulan Kukar teh serai bisa terus terjual di pasaran, terpaksa dihentikannya.

“Kami berharap dan berdoa, agar Covid-19 segera berakhir di Indonesia dan Kukar pada khususnya,” ucapnya. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top