SAINS & TEKNO

Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Pemerintah Hadirkan 10 Rumah Aman

Aplikasi 10 Rumah Aman.

JAKARTA, Kate.id – Pandemi virus corona baru (Covid-19) membuat banyak orang terpaksa berada di rumah. Pekerjaan pun bila dimungkinkan dilakukan dari rumah atau work from home (WFH), termasuk kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan dari rumah.

Namun tidak semua orang bisa betah terlalu lama berada di rumah. Menjawab hal tersebut, Kantor Staf Presiden (KSP) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan aplikasi 10 Rumah Aman.

Aplikasi berbasis komunitas ini diharapkan dapat menciptakan efek berantai dalam memutus penyebaran Covid-19.

“Aplikasi 10 Rumah Aman bisa diterapkan dengan cepat, di mana saudara-saudara kita yang selama ini sulit untuk di rumah saja dapat terbantu untuk berada di rumah. Kemudian secara bersama kita mengalahkan Covid-19,” kata Kepala KSP Moeldoko.

Dijelaskan, aplikasi 10 Ruman Aman ini sudah bisa diunduh di PlayStore. Aplikasi ini menghadirkan toko daring yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti Rego Pantes dari 8Villages, Sayur Box, dan TaniHub.

Selain itu, ada juga aplikasi konsultasi kesehatan dari Prixa, aplikasi edutech dari Cakap, aplikasi donasi Wahid Foundation, obat-obatan dan alat kesehatan seperti Kimia Farma, Mediv-Kimia Farma, Alfa Group, Alfamind, dan DAV.

Aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti PeduliLindungi, Halodoc, Alodokter, GoodDoctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia, dan KlikDokter. Melalui aplikasi ini, masyarakat juga dapat mengukur suhu tubuhnya sendiri.

“Bisa memeriksa kesehatan secara mandiri dan memantau daerah atau masyarakat mana yang memiliki potensi penyebaran Covid-19, melalui pantauan suhu tubuh agar dapat menghindari daerah tersebut,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G Plate.

Aplikasi 10 Rumah Aman ini menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) yang menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler dan terhubung dengan platform media sosial.

Aplikasi ini juga akan memastikan masyarakat tetap berada di dalam rumah. Baik itu bekerja, belajar, maupun beribadah serta saling mengingatkan dan menjaga agar selalu dalam keadaan sehat dengan menjaga jarak aman.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda cukup mengunduh dari Play Store. Jika Anda sudah mengunduh aplikasi ini, di bagian beranda ada ajakan untuk menjadi ‘Pejuang Aman’. Nanti Anda akan diminta registrasi. Di situ nanti Anda akan diminta mengisi beberapa form.

Selain itu juga ada menu info untuk kesehatan. Di bagian ini ada sub menu Periksa Kesehatanmu di sini; Pantau Peta Suhu Tubuh di Sekitarmu; Nomor Darurat/Hotline Covid-19; dan Daftar Rumah Sakit Rujukan.

Ada juga menu Seputar Covid-19. Di menu ini ada beberapa sub menu: Kenali Covid-19; Tetap Postif; Physical Distancing; Demam Covid-19; Terhindar Risiko; dan Perlengkapan Pejuang. Di bagian akhir ada menu Lainnya. Di sini sub menu: Cek Kesehatanmu; Whatsapp Covid-19; dan Unduh Stiker 10 Rumah Aman. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top