METROPOLIS

Kutai Kartanegara Tambah 8 Kasus Positif Covid-19, Ada yang Tertular dari Suami

Bupati Kukar Edi Damansyah saat konferensi pers didampingi Sekda Sunggono dan Kadinkes dr Martina Yulianti, terkait penambahan delapan orang positif Covid-19 di Kukar. (Foto: ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Terjadi lonjakan tambahan pasien yang terkonfirmasi positif virus corona baru (Covid-19) di Kutai Kartanegara (Kukar). Hal ini terungkap dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kukar, Jumat (8/5/2020) pagi.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengumumkan, tambahan pasien positif tersebut semuanya berasal dari klaster Gowa. Mereka melakukan perjalanan dari Gowa pada akhir Maret lalu.

“Kukar ada tambahan delapan pasien positif Covid-19. Dari Delapan tersebut tujuh berjenis kelamin laki-laki, sedangkan satu lagi, perempuan yang tertular dari suaminya,” ujar Bupati Edi Damansyah, yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono, serta Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kukar dr Martina Yulianti.

Diungkapkan, kedelapan pasien tersebut berasal dari lima Kecamatan di Kukar. Satu orang dari Tenggarong, satu orang dari Loa Kulu, satu orang dari Muara Badak, dua orang dari Anggana, serta tiga orang dari Kenohan.

Semua pasien sudah menjalani karantina dan perawatan oleh tim medis RSUD AM Parikesit di Wisma Atlet Tenggarong Seberang. Dilaporkan kesemuanya dalam kondisi stabil dan membaik.

“Kami ingin memastikan, sekalipun berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) Corona, tetap dapat melakukan penularan virus,” ujarnya.

Bupati menambahkan, sudah terjadi transmisi lokal di Tenggarong yang artinya memerlukan kewaspadaan di tengah masyarakat. Untuk itu dia meminta kepada pelaku perjalanan diharapkan untuk jujur kepada petugas medis.

Selain itu warga diminta untuk selalu mengenakan masker saat keluar rumah. Menghindari kerumunan, menerapkan cuci tangan sampai bersih dengan air mengalir dan jangan lupa berdoa. Adapun sampai saat ini, Pemkab Kukar sudah menangani 22 kasus positif dan 2 kasus dinyatakan sembuh. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top