POLITIK

Legislator Asal Kalbar Imbau Masyarakat Bercocok Tanam di Masa Pandemi

Cornelis. (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

NGABANG, Kate.id – Masyarakat disarankan untuk bercocok tanam di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19). Saran ini datang dari Anggota Komisi II DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Barat (Kalbar) Cornelis.

“Pemerintah menganjurkan kita tetap di rumah saja. Tetapi bagi para petani, Presiden RI menganjurkan tetap bekerja di sawah seperti biasanya untuk menanam tanam pangan, seperti menanam padi, jagung, ubi atau tanaman pangan lainnya,” ujar Cornelis, Kamis (7/5/2020).

Kata dia, kesempatan berada di rumah harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan produktivitas ekonomi keluarga. Seperti memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam tanaman pangan.

“Jadi, mumpung banyak waktu kosong di rumah, dari pada bengong kepala pusing, mending kita bercocok tanam, tanam ubi, tanam cabe, sayur dan lain-lainnya untuk memenuhi kebutuhan pangan kita,” sebutnya.

Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) ini juga mengimbau masyarakat saat ini tidak dalam kerumunan banyak orang. Jika keluar harus menggunakan masker dan atur jarak antara orang ke orang.

“Karena kita tidak tahu kapan wabah virus corona ini mereda, oleh karena itu logistik di masing-masing daerah, desa dan yang terpenting di masing-masing rumah tangga harus tersedia, minimal gunakan pekarangan atau tanah yang ada untuk menanam bahan-bahan atau tanaman pangan, sehingga kita tidak kekurangan bahan pangan yang telah dianjurkan Presiden RI,” ungkap Cornelis yang pernah menjabat Gubernur Kalbar ini.

Dia mengaku sangat setuju dengan anjuran Presiden RI untuk menanam tanaman pangan. Karena dirinya juga menanam sayur, menanam jagung, memelihara ikan untuk ketersediaan bahan pangan. Apabila wabah Covid-19 ini masih melanda dunia berkepanjangan, dengan menanam tanaman pangan kebutuhan pangan bisa tercukupi.

“Karena pada saat ini vaksin Covid-19 ini belum ditemukan dan sudah menyerang hampir seluruh dunia ini. Oleh karena itu patuhi anjuran Pemerintah, semoga kita terselamatkan dari virus corona,” tandasnya. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top