METROPOLIS

Bupati Salurkan Sembako di Kecamatan Muara Badak, Warga Antusias

Bupati Kukar Edi Damansyah (baju oranye) saat membagikan Sembako di Muara Badak. (foto: Ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Secara bergiliran Bupati Kutai Kartanegara(Kukar) Edi Damansyah mendatangi langsung kecamatan. Kunjungan ini dalam rangka pendistribusian bantuan paket sembako untuk masyarakat yang terdampak pandemi virus corona baru (Covid-19).

Rabu (6/5/2020), giliran Edi mengunjungi Kecamatan Muara Badak. Tujuannya melihat secara langsung dan ikut membagikan sembako secara simbolis. Kata dia, Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) berkomitmen semua kecamatan akan menerima bantuan.

Edi berharap bantuan sembako kepada masyarakat ini dapat meringankan beban perekonomian masyarakat. Terutama mereka yang sejak pandemi Covid-19 mengalami penurunan penghasilan.

“Harapan pemerintah bantuan bisa tepat sasaran, sehingga dapat meringankan beban masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang belum terdata, bisa melaporkan ke pihak RT dan desa. Sehingga relawan Covid-19 bisa memantaunya dengan baik.

Edi sangat yakin bila tim kecamatan dan desa sampai ke RT sudah bekerja secara maksimal. Sehingga tidak terjadi kesalahan mendata warga yang layak menerima paket sembako.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah ditengah-tengah lawatannya di Kecamatan Muara Badak.

“Penerima paket sembako adalah di luar penerima program reguler dari pemerintah pusat. Seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan penerima Bantuan Lansung Tunai Desa(BLTDes). Penerima sembako akan dipublikasikan di kantor Camat dan Desa agar mudah dikontrol,” sebut Edi.

Pria yang pernah menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar ini mengisyaratkan, penerima paket sembako memang syaratnya mudah. Acuannya ber-KTP Kukar dan sudah didata dan diverifikasi secara ketat, di tingkat RT dan desa. Jika memang masih ada di luar data pemerintah dan layak menerima bantuan, bisa juga dibantu dari luar bantuan pemerintah.

“Kami akan menyinergikan dengan pihak perusahaan. Agar bisa bersinergi secara intens melalui program CSR, dalam penanganan dampak Covid-19 di Kukar,” jelasnya.

Sementara itu Camat Muara Badak Arfan mengatakan, masyarakat penerima sembako di Muara Badak sebanyak 4.855 KK. Jumlah ini tersebar di 13 Desa.

“Data yang kami sampaikan sudah sesuai dengan kriteria dan syarat penerima bantuan sembako dari Pemkab Kukar,” terang Arfan.

Untuk diketahui, bantuan sembako dari Pemkab Kukar merupakan salah satu upaya pemerintah, dalam memberikan perhatian dan berbagi kebahagiaan dengan masyarakat terdampak wabah Covid-19. Bantuan ini diberikan merata di seluruh kecamatan Kukar. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top