METROPOLIS

Lagi, Klaster Gowa Sumbang Pasien Positif Covid-19 di Kutai Kartanegara

Bupati Kukar Edi Damansyah saat rilis perkembangan covid-19 di kukar, Selasa (5/5/2020) malam. (Foto: ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mendapat tambahan pasien positif virus corona baru (Covid-19) dari klaster Gowa. Sebagaimana rilis resmi Pemkab Kukar yang dibacakan Bupati Edi Damansyah, Selasa (5/5/2020) malam.

“Satu lagi tambahan pasien positif corona, laki-laki umur 25 tahun dari Kecamatan Muara Badak,” ucap Edi.

Dia menambahkan, total jumlah pasien positif corona di Kukar berjumlah 14 orang dan 2 orang sudah dinyatakan sembuh. Pasien terbaru tersebut, saat ini sudah dilakukan perawatan itensif di Wisma Atlet Tenggarong Seberang dalam keadaan stabil dan membaik.

Berdasarkan riwayat perjalanan, yang bersangkutan tiba dari Gowa ke Kukar tanggal 26 Maret 2020. Dan dilakukan uji rapid test pertama 23 April 2020. Selanjutnya dilakukan rapid test kedua sekira 25 April 2020, dan hasilnya reaktif.

“Pemkab mempertegas kepada masyarakat, untuk tidak keluar rumah jika tidak perlu. Pakai masker jika keluar rumah, hindari kerumunan, serta lakukan PHBS serta sosial distancing, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus,” ujarnya.

Bupati juga berharap kepada pelaku perjalanan dari luar daerah pandemi atau bukan daerah pandemi, diwajibkan untuk melapor kepada petugas medis yang ada di kecamatan-kecamatan. Dan bisa lakukan karantina sesuai prosedur protokol penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan WHO dan Kemenkes RI. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top