NASIONAL

Demi Ekonomi, Pemerintah Longgarkan Pembatasan Transportasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Humas/Agung)

JAKARTA, Kate.id – Pembatasan transportasi di masa pandemi virus corona baru (Covid-19) yang telah diberlakukan bakal dilonggarkan. Hal ini diungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menyatakan pelonggaran ini dilakukan mulai Kamis (7/5/2020).

Kata dia, pelonggaran ini adalah turunan dari Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Musim Mudik Idulfitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Intinya adalah penjabaran bukan relaksasi. Dimungkinkan semua moda angkutan udara, kereta api, laut dan bus kembali beroperasi dengan catatan harus pakai protokol kesehatan,” ujar Budi Karya, Rabu (6/5/2020).

Kata dia, keputusan ini diambil agar perekonomian nasional tetap berjalan. Salah satunya untuk anggota DPR.

“Jadi rekan DPR boleh kembali ke daerah pemilihan. Tetapi untuk bekerja. Bukan untuk mudik. Kami pun boleh untuk tugas negara. Jika untuk tugas berhak melakukan movement,” paparnya.

Pelonggaran ini bakal dilakukan mulai Kamis. Sementara untuk logistik menurut Budi memang dari awal tidak ada larangan. Meski begitu petugas logistik tidak boleh turun, hanya barang yang diperkenankan turun.

Adapun Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 yang dikeluarkan pemerintah sebelumnya mengatur pengendalian transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian untuk mudik di tengah pandemi Covid-19. (cnn)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top