EKONOMI & BISNIS

Pemerintah Klaim Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I Sesuai Prediksi

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

JAKARTA, Kate.id – Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2020 sesuai prediksi pemerintah. Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Kata dia, melambatnya ekonomi Indonesia kuartal I 2020 yang hanya tumbuh sebesar 2,97 persen secara tahunan (year on year/yoy) diakibatkan guncangan anjloknya permintaan di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19).

“Komponen pembentuk Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal I 2020 mengalami kontraksi, seperti konsumsi yang hanya tumbuh 2,8 persen dan impor yang negatif 2,19 persen. Seperti diprediksi memang pertumbuhan akibat Covid-19 itu dari segi demand terjadi demand shock (gejolak permintaan),” beber Airlangga.

Meski begitu, dia mengklaim pertumbuhan ekonomi 2,97 persen pada paruh pertama tahun ini masih baik. Jika dibandingkan gejolak ekonomi yang terjadi di dunia akibat pandemi Covid-19.

Lebih lanjut dikatakan, realisasi pertumbuhan pada kuartal I 2020 masih sesuai prediksi pemerintah. Karena masih dalam laju pertumbuhan atau dalam level positif, tidak merosot ke level ekonomi negatif. Saat ini proyeksi asumsi makro pertumbuhan ekonomi nasional yang telah disesuaikan adalah 2,3 persen (yoy) untuk 2020.

“Pertumbuhan kuartal pertama seperti diperkirakan akibat pandemi Covid-19, kita masih positif di kuartal I 2,97 persen, dan kita proyeksi di APBN-P 2020 itu sektiar 2,3 persen,” terang Airlangga.

Dia optimistis ekonomi domestik masih berpeluang terus membaik. Sebagaimana proyeksi dari Dana Moneter Internasional (IMF) yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan satu dari tiga negara di dunia yang masih memiliki prospek pertumbuhan ekonomi positif selain Tiongkok, dan India.

“Pemerintah Indonesia di APBN-P 2020 mematok pertumbuhan 2,3 persen,” tandas Airlangga. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top