METROPOLIS

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Stadion Mulawarman PKT Disulap jadi Poliklinik

BONTANG, Kate.id – Stadion Mulawarman milik PT Pupuk Kaltim (PKT) yang merupakan fasilitas olahraga kebanggaan Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) sementara waktu harus beralih fungsi.

Merebaknya wabah covid-19 yang menyerang Dunia dan Kota Bontang beberapa bulan terakhir memaksa manajemen PKT bersama PT Kaltim Medika Utama (KMU) induk dari Rumah Sakit Pupuk Kaltim (RS. PKT) menambah fasilitas kesehatan. Bangunan megah bernuansa oranye tersebut, disulap menjadi poliklinik untuk karyawan dan keluarga besar PKT.

Direktur PT. KMU, dr. Nurul Fathoni, M. Kes saat menjelaskan poliklinik sementara tersebut sengaja dibuat untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Poliklinik ini sementara kita buat khusus untuk karyawan dan keluarga besar PKT, agar tidak perlu langsung ke RS. PKT jadi risiko terpapar covid-19 jadi lebih kecil,” jelas Senin (4/5/2020).

Stadion Mulawarman dianggap sangat representatif dengan banyaknya ruangan dengan kondisi bagus. Selain itu, ditambahkan Nurul kondisinya cukup lengang sehingga pasien dapat terlayani dengan baik. Bahkan disediakan fasilitas telemedicine yang memungkinkan pasien berdiskusi dengan dokter secara privat, tanpa harus bertatap muka secara langsung.

“Disini (stadio mulawarman) kamarnya keren – keren mba, lebih lengang juga untuk meladenin pasien. Selain itu pasien juga bisa janjian melalui fasilitas telemedicine, jadi kalau cukup, maka nggak usah datang, tapi kalau memang diharuskan datang, bisa langsung ke klinik,” tambahnya.

Sementara waktu, pada tahap awal poli klinik stadion Mulawarman yang dibuka mulai Senin (4/5/2020), membuka poli umum, bidan dan apotek. Namun selanjutnya akan dibuka layanan dokter gigi dan spesialis penyakit kronis, seperti jantung dan syaraf.

“Yang buka sementara poli umum, bidan, apotek, selanjutnya akan ada dokter spesialis tapi untuk penyakit kronis, karena mau tidak mau harus berobat dan harus ketemu setiap bulan,” jelasnya.

Poliklinik stadion Mulawarman buka dari pukul 07.00 hingga 17.00 Wita. “Sekarang kita buka sesuai jam kerja, tapi nanti kalau sudah ada layanan dokter spesialis, bisa buka sampai malam,” pungkas Nurul. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top