METROPOLIS

Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Kota Palangka Raya Siap Dioperasikan

PALANGKA RAYA, Kate.id – Ruang Isolasi pasien Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Palangka Raya dalam waktu dekat siap dioperasikan.

“RSUD Kota Palangka Raya siap dioperasikan sebagai rumah sakit penyangga atau penunjang untuk merawat pasien positif dan PDP Covid-19,”ungkap Kepala Humas RSUD, dr Hendra Panguntaun Jumat (1/5/2020).

Setidaknya lanjut dia, ada sepuluh ruang isolasi untuk pasien positif dan PDP Covid-19 disiapkan. Kesepuluh ruangan ini dibagi menjadi dua bagian. Lima ruang untuk pasien positif dan lima ruangan lagi khusus untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Meski secara fisik sepuluh ruang isolasi itu sudah bisa dikatakan rampung, akan tetapi setiap ruangan perlu dilengkapi sarana. Seperti sarana layar monitor untuk mengawasi tanda vital pasien tanpa kontak yang berlebihan, alkes seperti stetoskop, tensi meter dan termometer digital.

Selain itu perlengkapan di ruang anterom, ruang pemasangan APD, ruang pelepasan APD dan termasuk kelengkapan APD seperti masker N95 sesuai standar, masih terus di tambah agar anggota medis dan paramedis bisa bekerja dengan aman.”Kami sedang mengupayakan untuk ditambah. Semoga minggu ini semua bisa beres dan bisa segera dioperasikan,” kata Hendra

Selain hal di atas tambah dia, RSUD Kota Palangka Raya juga masih terkendala sarana akomodasi atau tempat tinggal tenaga kesehatan yang nanti bekerja di ruang isolasi.

“Sebut saja honor tambahan di luar gaji yang menjadi kompensasi resiko. Termasuk tempat tinggal tenaga kesehatan yang nanti bekerja di ruang isolasi. Semoga ini cepat disesuaikan dan dilengkapi,” tutup Hendra. (ip)

Comments

BERITA TERBARU

To Top