METROPOLIS

Positif Covid-19 Kutai Kartanegara Bertambah 10 Pasien, Dari Klaster Gowa dan Magetan

Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Sekda Sunggono dan Kadinkes dr Martina Yulianti saat video conference bersama media terkait perkembangan terkini Covid-19 di Kukar. (Foto: ist)

KUTAI KARTNEGARA, Kate.id – Terjadi lonjakan pasien positif virus corona baru (Covid-19) di Kutai Kartanegara (Kukar). Yaitu jumlahnya bertambah 10 orang, masuk klaster Gowa dan Magetan.

“Hari ini, kami sampaikan, ada penambahan 10 pasien positif covid-19. Yang sebelumnya sudah dilakukan Rapid Test dengan hasil reaktif,” kata Bupati Kukar Edi Damansyah, Sabtu(2/5/2020) pagi.

Diuraikan, dari 10 pasien positif tersebut berjenis kelamin laki-laki sebanyak 9 orang dan perempuan 1 orang. Dari identifikasi yang dilakukan pemkab, sebanyak 8 orang masuk klaster Gowa dan 2 orang klaster Magetan.

Seluruh pasien saat ini, sudah dilakukan karantina secara intensif di Wisma Atlet Tenggarong Seberang. Dengan pertimbangan pasien positif tersebut tidak ada gejala demam batuk dan sesak nafas.

“Kami tegaskan, sekalipun berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), tetapi punya riwayat perjalanan dari daerah pandemi, maka dapat menularkan virus ke orang lain,” ujar Edi.

Dengan adanya beberapa pasien yang tertular Covid-19 di kukar, maka telah terjadi transmisi lokal. Khususnya yang ada di kecamatan Muara Badak.

Karenanya Edi kembali mengingatkan kepada warga yang punya riwayat perjalanan, untuk jujur mengatakan kepada petugas medis. Agar dapat mengambil tindakan antisipasi kemungkinan tertularnya covid-19.

“Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk sungguh-sungguh dan sadar. Untuk ikut serta berupaya mencegah penyebaran covid-19, dengan jaga kebersihan dan kesehatan, gunakan masker saat berpergian, jaga jarak physical distancing, hindari kerumunan dan tidak mudik,” pesan Edi. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top