NASIONAL

Jadi Tulang Punggung Negara, Buruh Harus Tetap Semangat di Tengah Pandemi

Ilustrasi buruh. (Foto: Hafidz Mubarak/Antara)

JAKARTA, Kate.id – Buruh diminta tetap bersemangat memberikan pengabdian di tempat kerja masing-masing. Sekalipun kondisinya tengah dalam pandemi virus corona baru (Covid-19).

Permintaan ini datang dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Kata dia, buruh merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

“Tetap bersemangat dalam memberikan pengabdian kepada bangsa negara, melalui tempat bekerja masing-masing, di tengah-tengah kondisi sangat sulit yang sedang dihadapi bangsa tercinta ini,” kata Agus pada momen Hari Buruh, dikutip dari Kantor Berita Antara, Jumat (1/5/2020).

Sebagai salah satu komponen bangsa, buruh dan pekerja diharapkan mampu bekerja sama dan mengedepankan solidaritas dengan komponen bangsa lainnya. Sehingga Indonesia bisa keluar sebagai pemenang dalam memerangi Covid-19.

“Yang saya maksud sebagai pemenang adalah termasuk ketika Covid-19 ini hilang dari bumi pertiwi, Indonesia akan menjadi negara berhasil secara cepat melaksanakan pemulihan di segala bidang, termasuk dan khususnya di bidang ekonomi,” tuturnya.

Kata Agus, pada 2018, sektor industri manufaktur menyerap tenaga kerja sebanyak 18,25 juta orang. Jumlah tersebut berkontribusi sebesar 14,72 persen terhadap total tenaga kerja nasional.

Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian, selama periode empat tahun terakhir hingga 2018, penyerapan tenaga kerja di sektor industri terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2015, industri membuka lapangan kerja sebanyak 15,54 juta orang, kemudian naik di tahun 2016 menjadi 15,97 juta orang. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top