POLITIK

Berlangsung Alot, Calon Wakil Bupati Kutai Kartanegara Akhirnya Ditetapkan

Chairil Anwar dan Djuraimi resmi ditetapkan sebagai Calon Wabup Kukar. (Foto: Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Setelah perdebatan panjang, nama calon Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya ditetapkan. DPRD Kukar menetapkan dua nama Calon Wabup Kukar, sisa periode 2016-2021 untuk menemani Bupati Kukar Edi Damansyah.

Digelar Rabu (29/4/2020), rapat penetapan nama dan pengambilan nomor urut calon wabup berakhir sekira pukul 23.00 Wita. Rapat ini turut dihadiri dua orang calon yang diusulkan Bupati Edi Damansyah yaitu Chairil Anwar dan Djuraimi.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Calon Wabup, Ahmad Yani yang juga anggota DPRD asal fraksi PDI Perjuangan mengatakan, tahapan penetapan nama calon wabup dan pengambilan nomor urut sudah selesai prosesnya. Selanjutnya akan dibahas lagi saat penyampaian visi dan misi calon hingga pemilihan.

“Setelah ditetapkan dua nama, Chairil Anwar dan Djuraimi sebagai calon wabup, maka kedua nama tersebut tidak boleh diganti dan mengundurkan diri,” jelasnya.

Alotnya penetapan nama dan nomor urut ini karena ada beberapa anggota DPRD yang mengusulkan agar penyampaian visi dan misi calon wabup dilakukan sepaket dengan penetapan nama. Namun menurut tata tertib yang sudah disepakati, tidak bisa dilakukan dalam satu paket. Agenda penyampaian visi dan misi nantinya dilakukan saat pemilihan.

“Penyampaian visi dan misi dan pemilihan, dilakukan di hari yang lain. Yang akan dibahas di tingkat Banmus (Badan Musyawarah, Red.) dahulu,” tegas Yani.

Dia merasa lega karena proses penetapan nama dan pengambilan nomor urut sudah selesai. Sehingga beban tanggung jawab sudah sedikit berkurang. Secara etis dan moral, tugas Panlih berlangsung sampai terpilihnya wabup yang bakal menemani Bupati Edi Damansyah.

“Kami komitmen ingin menyelesaikan tugas kami di Panlih, sampai terpilihnya wakil bupati yang definitif,” terang Yani.

Untuk diketahui, calon wabup atas nama Djuraimi mendapatkan nomor urut 1. Sedangkan Chairil Anwar menempati posisi nomor urut 2. Keduanya adalah mantan birokrat dan pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kukar. Bahkan Chairil Anwar sempat menjabat sebagai Pj Bupati Kukar periode 2015-2016. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top