POLITIK

Kinerja Pemkab Atasi Covid-19 Diapresiasi DPRD Kutai Kartanegara

Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara Siswo Cahyono memberi masukan terkait penanganan Covid-19. (Foto: ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Siswo Cahyono turut mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam penanganan virus corona baru (Covid-19). Termasuk upaya pemberian paket sembako gratis untuk warga terdampak Covid-19.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, jika pihaknya telah menggelar rapat koordinasi secara virtual dengan Pemkab Kukar untuk membahas penyaluran bantuan yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota. Pihaknya pun membahas secara teknis bagaimana penggunaan serta mekanisme penyaluran dana tersebut.

“Artinya kami ingin ini semua disinkronkan. Sehingga pelaksanaannya bisa lebih maksimal,” ujar Siswo.

Dia mengatakan, selain bantuan paket sembako, pemerintah diharapkan juga menganggarkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga. Hal ini untuk menutupi kekurangan dari bantuan yang belum tercover bagi warga tersebut.

“Salah satunya untuk membeli gas elpiji. Sehingga mereka bisa memasak sembako yang sudah diberikan pemerintah tersebut,” imbuhnya.

Menurut Siswo hal ini relevan saja dilakukan dalam kondisi seperti ini. Terlebih lagi di tengah kondisi pandemi Covid-19. Namun tentunya dia mengharapkan situasi sulit seperti ini tidak terus berkepanjangan.

“Karena di satu sisi di saat mereka ingin mandiri, tetapi tidak memungkinkan itu karena ada maklumat dari Kapolri melarang aktivitas yang mengundang massa atau kerumunan,” tambahnya.

Siswo menegaskan solusi yang harus dilakukan segera oleh Pemkab yakni dengan tetap memberikan bantuan paket sembako. Namun juga harus ada dana penunjang.

“Kami berharap dana Rp 129 miliar sekian itu bisa dialokasikan untuk penanganan Covid-19 ini. Agar betul-betul bisa dirasakan secara maksimal khususnya di Kutai Kartanegara, kami siap mendukung penuh,” tegasnya.

Termasuk Pemkab diharapkan bisa bersurat ke pihak perbankan dan leasing-leasing, agar tidak hanya menangguhkan angsuran pokoknya saja, namun juga bunganya. (ahy)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top