POLITIK

Demi Warga, Ketua DPRD Kutai Kartanegara Usul Gratiskan BPJS Kesehatan

Ketua DPRD Kutai Kartanegara Abdul Rasid

KUTAIKARTANEGARA, Kate.id – Tak hanya mendukung anggaran penanganan virus corona baru (Covid-19), Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid mengusulkan untuk menggratiskan BPJS kesehatan bagi masyarakat. Terutama, kata dia, untuk peserta golongan kelas II dan III.

Menurutnya, Pemkab Kukar diharapkan mulai membahas pola serta regulasi subsidi BPJS dari pemerintah daerah untuk warga tidak mampu. Pasalnya, jaminan kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat.

“Untuk peserta BPJS kesehatan kelas II dan III mungkin bisa diprioritaskan untuk digratiskan. Kebijakan ini minimal mengurangi beban masyarakat terutama pada saat sakit,” terang politisi Partai Golkar itu.

Hal ini juga telah ia sampaikan pada rapat koordinasi pembahasan percepatan penanganan Covid-19 di Kukar. Bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Kukar. Termasuk antara Badan Anggaran (Banggar) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kukar.

Dalam kegiatan yang digelar di ruang Bamus kantor DPRD Kukar itu, juga dilakukan penyerahan dokumen pendukung alokasi anggaran pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 di Kukar.

“Siapa pun tidak ada yang ingin sakit. Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini beban masyarakat semakin banyak,” lanjut Rasid.

Wacana tersebut, menurutnya, muncul dari aspirasi yang diserap legislatif dari masyarakat. Berbagai masukan dari masyarakat terkait berbagai hal, dianggap menjadi suplemen penting baginya. Apalagi di tengah pandemi ini, tak bisa dimungkiri banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi.

“Paling tidak untuk peserta BPJS kelas III yang bisa digratiskan. Mereka ini sangat merasakan dampaknya atas penurunan kondisi ekonomi global,” imbuhnya. (ahy)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top