GAME

Seratusan Ribu Akun Pengguna Nintendo Switch Diretas

Ilustrasi Nintendo Switch. (Foto: CNN)

Kate.id – Raksasa industri video game dunia Nintendo mengonfirmasi ada 160.000 akun pengguna Nintendo Switch yang telah dibobol. Dari pembobolan ini, peretas mendapatkan informasi meliputi email, tanggal lahir, negara, dan nickname akun milik pengguna Switch.

Dalam keterangan resminya Nintendo menjelaskan, penjebolan bukan terjadi pada sistem servis mereka. Melainkan upaya pembobolan dilakukan melalui Nintendo Network ID (NNID) yang merupakan salah satu metode login paling banyak digunakan saat ini.

Maka dari itu, Nintendo menonaktifkan metode login NNID untuk sementara waktu. Mereka juga menyarankan kepada para pengguna untuk segera menerapkan autentikasi ganda pada akun Nintendo.

Mereka yang terkonfirmasi terkena penjebolan akan menerima email dari Nintendo yang berisikan instruksi untuk mereset password. Beberapa pengguna yang mengalami penjebolan pada akunnya melaporkan kegiatan transaksi ilegal senilai USD100 yang ditagihkan pada akun mereka.

“Investigasi akan terus diakukan, dan kami yakin jika penjebolan ini tidak terjadi pada database, server, atau jaringan Nintendo,” sebut perusahaan video game asal Jepang itu.

Oleh karena itu, pengguna Nintendo disarankan untuk segera mengaktifkan autentikasi ganda agar hal serupa tidak terjadi. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top