METROPOLIS

Bupati Kutai Kartanegara Masuk 20 Besar Kepala Daerah Cepat Tanggap Tangani Covid-19

Bupati Kukar Edi Damansyah saat mengantar langsung sembako gratis untuk warga prasejahtera. (Foto: Dok. Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah masuk dalam 20 besar kepala daerah yang cepat tanggap menangani wabah virus corona (Covid-19). Hal ini berdasarkan hasil survei nasional terkait persepsi publik yang dilakukan lembaga survei Median.

Bertajuk ‘Persepsi Publik atas Penanganan Wabah COVID-19: Kinerja Pemerintah Pusat, PSBB vs Lockdown, Darurat Sipil, dan Mudik’, survei tersebut menempatkan 20 kepala daerah yang dianggap paling cepat dalam menangani wabah Covid-19 di daerahnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi kepala daerah di urutan pertama daftar 20 besar ini. Disusul di bawahnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Menariknya, Bupati Kukar Edi Damansyah menjadi satu-satunya kepala daerah dari Kalimantan yang masuk 20 besar survei tersebut.

Metode survei yang dilakukan Median adalah penelitian dengan melibatkan 20.658 nomor telepon responden. Para responden ini dipilih secara acak dari survei Median sebelumnya pada September 2018-Februari 2020.

Survei ini kemudian mengambil sampel 800 nomor telepon responden dari total 20.658 nomor telepon responden. Pengambilan data berlangsung dari 6 hingga 13 April 2020.

Dikonfirmasi terkait hasil survei ini, Edi Damansyah menyampaikan jika dirinya mendapat informasi tersebut dari media sosial. Termasuk ucapan selamat dari rekan sejawat dan masyarakat.

Tak jemawa, Edi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat yang turut aktif terlibat dalam mendukung upaya pemerintah daerah menangani covid-19.

“Selama ini kami mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif menanggulangi Covid-19 di Kukar. Makanya, partisipasi tinggi masyarakat juga sangat berpengaruh besar,” ujar Edi. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top