KESEHATAN

Bebas Bau Mulut Saat Berpuasa, Begini Caranya

ilustrasi bau mulut. (Foto: Diretube)

SAAT berpuasa khususnya Puasa Ramadan, seringkali Anda merasa napas dan mulut Anda berbau busuk. Hal ini tentunya membuat tak nyaman. Sekalipun pandemi virus corona baru (Covid-19) membuat Anda tidak bertemu banyak orang.

Untuk menghindari bau mulut tak sedap saat berpuasa, dokter gigi merekomendasikan pembilasan mulut menggunakan air atau obat kumur. Adapun cara tradisional menjaga kebersihan mulut tanpa perlu pasta gigi atau bahkan menambahkan air yakni menggunakan siwak.

Untuk saran lebih lanjut tentang cara menjaga mulut sehat selama bulan suci, berikut beberapa tips dari Rachael England, dokter gigi di Dentist Direct, Dubai:

Minum Banyak Air di Waktu Tak Puasa
Dehidrasi dapat menyebabkan bau mulut atau halitosis. Sehingga penting untuk minum banyak air selama jam-jam non-puasa. Termasuk juga perlu menghindari hal-hal yang membuat dehidrasi seperti kafein dan garam berlebihan.

Sikat Gigi Dua Kali Sehari
Menyikat gigi harus dilakukan dua kali sehari. Sebaiknya sikat gigi tepat sebelum tidur dan setelah sahur. Sebagian besar bau mulut berasal dari lidah, jadi gunakan scraper atau alat pembersih lidah setiap hari.

Hindari Makanan Manis Berlebihan
Dosis tinggi makanan manis saat berbuka puasa sebaiknya dihindari. Berbuka puasalah dengan kurma dan air. Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang akan mendorong kesehatan secara keseluruhan.

Gunakan Obat Kumur Pro-Biotik
Obat kumur bisa mengeringkan jaringan mulut. Karenanya pilih yang pro-biotik oral untuk menambah pasukan bakteri baik dan menjaga kesehatan gigi.

Kunjungi Dokter Gigi
Ingatlah untuk mengunjungi dokter gigi dan ahli kesehatan Anda secara teratur. Setiap enam bulan sekali, perlu memeriksakan kesehatan mulut dan gigi. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top